China's Ministry of Agriculture and Rural Affairs telah mengumumkan pada Sabtu, 31 Januari 2020 lalu bahwa telah terjadi outbreak strain patogenik dari H5N1 virus flu burung. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
China's Ministry of Agriculture and Rural Affairs telah mengumumkan pada Sabtu, 31 Januari 2020 lalu bahwa telah terjadi outbreak strain patogenik dari H5N1 virus flu burung. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Mengenal Flu Burung dan Antisipasinya

Rona virus flu burung tiongkok
Yatin Suleha • 03 Februari 2020 17:05
Jakarta: Dunia masih membicarakan masalah virus Korona hingga hari ini. Hingga Senin, 3 Februari 2020, telah dilaporkan 17.238 orang terinfeksi, dan sebanyak 361 jiwa korban meninggal dunia.
 
Dalam VOA News yang dilansir dari Reuters, di Provinsi Hunan, yang berjarak 490 KM virus flu burung dideteksi terjadi. 
 
China's Ministry of Agriculture and Rural Affairs telah mengumumkan pada Sabtu, 31 Januari 2020 lalu bahwa telah terjadi outbreak strain patogenik dari H5N1 virus flu burung di sebuah peternakan di selatan dari provinsi Hunan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Virus tersebut ditemukan dalam sebuah peternakan. Sebanyak 8.000 ayam dan lebih dari setengahnya mati karena outbreak virus ini.
 
Seminggu sebelumnya otoritas India telah memusnahkan ayam dan telur ayam yang mengandung virus flu burung.
 
Dalam laman yang sama juga disebutkan bahwa strain berbeda - H5N8 -telah menyebar di timur Eropa pada waktu belum lama ini. 
 
Untuk lebih mengetahui dan mengatisipasi virus flu burung ini, berikut informasi dari WHO yang bisa Anda ketahui:
 
Mengenal Flu Burung dan Antisipasinya
(Cuci tangan dengan sabun hingga bersih dengan air mengalir adalah salah satu cara mudah dan murah yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran berbagai kuman dan virus. Foto: Pexels.com)

1. Apa itu virus flu burung?

Flu burung (bahasa Inggris disebut avian influenza/AI) adalah virus yang menyebar antara burung. Akan tetapi, beberapa virus telah ditemukan menginfeksi manusia.

2. Apa yang terjadi jika virus flu burung menginfeksi manusia?

Ketika virus flu burung menginfeksi manusia, gejalanya bisa dirasakan dari mulai infeksi pernapasan atas yang ringan seperti demam dan batuk hingga pneumonia, acute respiratory distress syndrome (sulit bernapas), syok hingga kematian.

3. Siapa yang bisa terkena virus flu burung ini?

Mereka yang punya risiko terbesar terkena virus flu burung adalah yang terekspos baik hidup atau mati burung (unggas) yang terinfeksi atau dalam kontaminasi (tercemar) lingkungan seperti pasar burung. 
 
Proses pemotongan ayam, penanganan, dan mempersiapkan unggas untuk konsumsi, terutama dalam rumah tangga juga punya faktor risiko terhadap virus ini.

4. Bagaimana transmisi dari orang ke orang?

Walapun dalam beberapa kasus transmisi atau penularan orang ke orang dari virus flu burung terjadi, namun kontak dengan pasien atau dekat dengan orang yang terkena virus flu burung tidak berkelanjutan.

5. Bagaimana mengantisipasi virus flu burung?

- Hindari pergi ke peternakan unggas
- Hindari Kontak dengan hewan unggas hidup dari pasar
- Hindari memasuki daerah di mana unggas dipotong
- Hindari kontak dengan permukaan yang terkontaminasi kotoran hewan atau unggas dan hewan lain
- Hindari konsumsi daging atau telur mentah. Hanya makan makanan yang higienis dan lakukan cuci tangan dengan baik yaitu gunakan sabun dan cuci semua bagian tangan dengan bersih di air mengalir.

6. Jika saya memasak daging dan telur apakah aman?

WHO menganjurkan untuk menghindari kontaminasi. Jauhkan serta pisahkan daging mentah dengan telur atau dengan makanan yang siap dimakan. 
 
Jangan menggunakan talenan dan pisau yang sama antara daging mentah dengan makanan lain. 
 
Jangan gunakan satu piring yang sama untuk keperluan daging dan bahan lainnya. Gunakan masing-masing berbeda piring.
 
Setelah Anda mengerjakan daging mentah, cuci tangan dengan sabun dengan air mengalir hingga bersih. Dan jangan memakan telur mentah atau setengah matang. Cuci bersih semua perlatan dapur dan perlatan masak yang kontak dengan daging mentah.

7. Adakah vaksin virus flu burung?

Tidak ada vaksin untuk mencegah inveksi virus flu burung yang terkena pada manusia yang tersedia. WHO sedang terus bekerja dengan partner dalam pengembangan vaksin ini. Beberapa produk sedang dilakukan pengetesan untuk kemanan dan keberhasilannya.

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif