Ilustrasi---(Foto: Pexels.com)
Ilustrasi---(Foto: Pexels.com)

Mengapa Bayi Tidak Boleh Mengonsumsi Madu?

Rona bayi
Raka Lestari • 09 Oktober 2019 11:47
Jakarta: Tentu Anda sudah tahu bahwa mengonsumsi madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan juga madu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Tidak hanya dikonsumsi secara langsung, madu juga bisa digunakan untuk mengatasi beberapa keluhan pada tubuh Anda seperti bibir atau kulit yang kering. 
 
Namun Anda perlu tahu bahwa madu sebaiknya tidak diberikan kepada bayi, terutama bayi baru lahir. Mungkin Anda bertanya-tanya, jika madu mengandung antioksidan dan memiliki banyak manfaat kesehatan, mengapa bayi tidak boleh mengonsumsinya? 
 
Padahal madu merupakan pemanis alami dan merupakan pilihan yang sangat tepat, namun tidak untuk bayi atau bayi yang berusia dibawah satu tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari Reader’s Digest, alasan utama madu bisa berbahaya bagi bayi adalah karena jenis bakteri tertentu, clostridium, yang berpotensi ada dalam madu. Dan karena tumbuh subur dalam debu dan tanah, clostridium memiliki kekuatan untuk mencemari madu.
 
Jika hal itu terjadi, madu berbahaya bagi sistem pencernaan bayi karena tidak cukup kuat untuk menangkal bakteri tersebut. Ini dapat menyebabkan botulisme pada bayi, dengan hasil yang serius. Gejala khas dari jenis keracunan makanan ini antara lain minum ASI yang sedikit, lesu, tangisan yang lemah, sembelit, dan penurunan massa otot, misalnya.
 
Dan alasan utama mengapa bayi tidak boleh mengonsumsi madu adalah karena bayi tidak dapat menangani bakteri clostridium sedangkan orang dewasa sudah bisa mengatasinya. Karena sistem pencernaan yang sudah matang. Pada tahun pertama kehidupannya, sistem pencernaan bayi masih berkembang.
 
Tubuh orang dewasa mampu melawan bakteti pada tubuhnya sebelum menyebabkan kerusakan, sedangkan bayi belum cukup kuat melakukannya. Jadi, untuk melindungi bayi Anda sebaiknya hindari memberikan madu pada bayi Anda.
 
Dan meskipun madu sebaiknya tidak diberikan pada bayi Anda setidaknya pada tahun pertama kehidupannya, Anda bisa memberikan banyak sumber makanan lain pada bayi Anda. Memberikan makanan manis pada mereka juga diperbolehkan.
 
Dan jika Anda membutuhkan ide agar bayi bisa merasakan berbagai makanan manis, Anda bisa mencoba dengan memberikan mereka pisang atau ubi manis sebagai permulaan.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif