Olahraga saat Hamil Membantu Proses Kelahiran Lebih Cepat

Sri Yanti Nainggolan 17 Maret 2018 12:29 WIB
kehamilan
Olahraga saat Hamil Membantu Proses Kelahiran Lebih Cepat
Olahraga saat Hamil Membantu Proses Kelahiran Lebih Cepat (Foto: istock)
Jakarta: Sebuah studi mengungkapkan bahwa mempertahankan gaya hidup aktif selama kehamilan dapat mempercepat durasi persalinan.

Olahraga saat kehamilan sendiri memiliki banyak manfaat seperti mengurangi nyeri punggung, manambah energi, dan membantu pemulihan pascapersalinan.

Namun, sebuah studi yang dilakukan oleh Technical University of Madrid menemukan bahwa aktivitas tersebut berpengaruh pada durasi persalinan.


Tim peneliti yang dipimpin oleh Profesor Ruben Barakat tersebut memeriksa 508 bumil sehat secara acak dan membaginya menjadi dua kelompok. Sebanyak 255 bumil diminta aktif berolahraga, sementara sisanya adalah kelompok kontrol.

Mereka yang berada di kelompok olahraga diberi program olahraga aerobik sedang dengan tiga sesi mingguan selama masa kehamilan.

Saat persalinan, para peneliti memerhatikan beberapa faktor seperti durasi setiap tahap persalinan, cara melahirkan, penambahan berat badan ibu, penggunaan epidural dan berat bayi.

Mereka menyimpulkan, bumil yang berolahraga cenderung menghabiskan waktu lebih sedikit dalam persalinan dibandingkan bumil yang tidak melakukan kebiasaan serupa.

"Program latihan fisik yang diawasi selama kehamilan menurunkan durasi fase pertama persalinan serta total waktu dari dua fase pertama bersamaan, yang menyebabkan penurunan jumlah waktu kerja," catat mereka.

Wanita dalam kelompok olahraga juga cenderung tidak menggunakan epidural selama persalinan.

Selanjutnya, neoplasia makrosomia, yaitu ketika bayi baru lahir secara signifikan lebih besar dari rata-rata, lebih umum terjadi pada ibu di kelompok kontrol.

Olahraga selama kehamilan juga dapat membantu ibu kembali bugar setelah melahirkan dengan lebih cepat.

 



(ELG)