Produk-produk Ini Tak Cocok Dipakai pada Bayi
Semakin sedikit zat aditif dalam produk, semakin sedikit kemungkinan iritasi pada bayi. (Foto: Pixabay.com)
Jakarta: Begitu banyak produk bayi yang beredar di pasaran, namun apakah semuanya sudah pasti aman untuk bayi Anda? Dilansir dari Rd.com, seorang dermatologis dari Manhattan, Rachel Nazarian, MD, menjelaskan mengenai beberapa produk bayi yang sebaiknya tidak digunakan pada bayi Anda.

1. Tabir surya kimia
"Sebelum usia enam bulan, bayi bisa terlindung dari paparan sinar matahari dengan menggunakan pakaian untuk menghalangi sinar matahari atau dengan menghindari sinar matahari secara langsung," ujar Dr Nazarian. "Ada risiko menghirup tabir surya dan mengalami iritasi pada jaringan pernapasan dan paru-paru anak." 

2. Sabun mandi beraroma
Dr Nazarian mengatakan bahwa orangtua bayi terkadang terlalu berlebihan ketika menggosok bayinya pada saat sedang mandi, padahal bayi jarang kotor dan sebaiknya mandi dengan cepat.


Ia merekomendasikan menggunakan sabun yang bebas dari wewangian sintetis, paraben, atau sulfat yang menyengat. Semakin sedikit zat aditif dalam produk, semakin sedikit kemungkinan iritasi. "Selain paraben, usahakan hindari bahan yang tercantum sebagai parfum dan pewarna. Anda tidak ingin menghilangkan minyak alami pada kulit bayi," kata Dr Nazarian.


(Semakin sedikit zat aditif dalam produk, semakin sedikit kemungkinan iritasi pada bayi. Foto: Pixabay.com)

(Baca juga: 5 Fakta tentang Otak Bayi)

3. Bedak bayi
"Saya merekomendasikan agar tidak menggunakan bedak bayi dan bubuk lainnya untuk ruam popok," kata Dr Nazarian. "Partikel aerosol cukup mengganggu paru-paru bayi dan berpotensi menyebabkan masalah pernapasan." 

4. Lotion
Gunakan krim atau salep yang cenderung tidak mengandung bahan yang bisa memicu reaksi iritasi pada bayi. "Bayi bisa saja memiliki semua jenis alergi, sebaiknya untuk menghindarinya gunakan lanolin," kata Dr Nazarian. 

Lanolin umumnya digunakan sebagai pelembap untuk mengobati atau mencegah kulit kering, kasar, bersisik, gatal dan iritasi kulit ringan, termasuk ruam popok.

5. Produk wajah orang dewasa
Pelembap bagi orang dewasa biasanya mengandung aroma dan parfum tambahan. "Aditif ini tidak dianjurkan untuk bayi dan anak-anak karena dapat memicu alergi dan eksim," jelas Dr Nazarian.  

"Sebagai gantinya carilah produk yang diformulasikan secara khusus untuk bayi dan anak-anak yang seharusnya bebas aroma wangi dan bebas paraben."










(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id