Tampon (Foto: Insider)
Tampon (Foto: Insider)

Cara Menyimpan Tampon yang Benar

Rona tips kesehatan
Raka Lestari • 03 Januari 2020 16:09
Jakarta: Selain pembalut, beberapa wanita juga banyak yang menggunakan tampon ketika sedang menstruasi. Saat ini, mungkin masih belum banyak yang menyadari bahwa tampon juga memiliki umur simpan tertentu.
 
Menurut Dr Candice Fraser, MD, OB-GYN dari Your Doctors Online, pada umumnya tampon memiliki tanggal kedaluwarsa, yaitu lima tahun. Namun masalah tampon tidak tergantung berapa lama Anda menyimpannya, tetapi bagaimana Anda menyimpannya.
 
Menyimpan tampon dengan cara yang tidak benar dan dalam waktu yang lama dapat meningkatkan risiko tumbuhnya jamur dan bakteri. Organisme ini dapat mengubah pH vagina dan menyebabkan bau vagina, keputihan, dan infeksi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Cara menyimpan tampon yang pertama harus dilakukan adalah dengan memeriksan dan memastikan bahwa pembungkusnya tidak sobek atau terbuka. Sebab itu memberikan pintu bagi jamur atau bakteri untuk masuk dan mencemari tampon.
 
Usahakan untuk tidak menyimpan tampon di kamar mandi, karena kamar mandi merupakan tempat yang lembap. Sehingga dapat meningkatkan risiko tumbuhnya jamur dan bakteri.
 
“Sebaiknya simpan tampon di tempat dengan lingkungan yang sejuk dan kering,” ujar Carol Dunetz, MD, ginekolog di NYU Langone Ambulatory Care Lake Success.
 
Selain itu, jangan menggunakan tampon yang tidak terlihat baru. Tampon yang terlihat sudah lama bisa telrihat dari adanya perbahan warna pada kemasan atau cetakannya
 
“Hindari menggunakan tampon dengan bungkus yang sudah rusak," terang Dr. Candice Fraser.
 
Namun untungnya baik Fraser dan Dunetz mengatakan bahwa mereka belum pernah mendengar ada orang yang sakit karena menggunakan tampon yang sudah kedaluwarsa.
 
“Selama ini saya belum pernah menemukan kasus wanita yang harus masuk rumah sakit karena menggunakan tampon yang berjamur,” tambah Frazer.
 
Akan tetapi, jika Anda ragu akan kemasan tampon yang akan Anda gunakan, maka lebih baik dibuang dan menggunakan tampon yang masih terlihat baru demi keamanan Anda.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif