Menurut studi di jurnal Sleep (2010) tidur terlalu sedikit dan terlalu banyak dapat memengaruhi kenaikan berat badan pada orang berumur di bawah 40 tahun selama periode lima tahun. (Foto: Pexel.com)
Menurut studi di jurnal Sleep (2010) tidur terlalu sedikit dan terlalu banyak dapat memengaruhi kenaikan berat badan pada orang berumur di bawah 40 tahun selama periode lima tahun. (Foto: Pexel.com)

Makan Sebelum Tidur Tidak Bikin Gemuk?

Rona kesehatan
Kumara Anggita • 27 Mei 2019 07:26
Menurut studi di jurnal Sleep (2010) tidur terlalu sedikit dan terlalu banyak dapat memengaruhi kenaikan berat badan pada orang berumur di bawah 40 tahun selama periode lima tahun. 
 

Jakarta: Mengantuk setelah makan adalah hal umum yang sering terjadi. Kebiasaan ini dihindari oleh orang-orang yang tidak ingin menambah kilogram di timbangan. Mereka pun berjuang sedemikian rupa seperti minum kopi, bergerak, mengobrol atau melakukan berbagai kegiatan lainnya untuk menghindari panggilan tersebut. 
 
Ternyata, menurut penelitian tidur sesaat setelah makan tidak akan menambah berat badan. Dilansir dari Live Strong, mkanisme bertambahnya berat badan adalah lebih banyak kalori yang masuk pada tubuh Anda dibandingkan yang Anda keluarkan lewat aktivitas. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Misalnya, jika setiap harinya Anda selalu kelebihan 250 kalori maka dalam seminggu berat badan Anda akan bertambah sekitar satu per empat kilogram. 
 
Kebutuhan kalori harian Anda bergantung pada usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas, dan ukuran tubuh Anda. Rata-rata orang membutuhkan antara 1.600 dan 3.000 kalori per hari.
 
Jadi yang perlu Anda perhatikan adalah kalori yang Anda konsumsi daripada apa yang Anda makan sebelum tidur.

Hubungan antara tidur dan berat badan

Menurut studi di jurnal Sleep (2010) tidur terlalu sedikit dan terlalu banyak dapat memengaruhi kenaikan berat badan pada orang berumur di bawah 40 tahun selama periode lima tahun. Perlu diingat bahwa tidak baik jika Anda tidur di bawah lima jam atau lebih dari delapan jam.
 
Coba perhatikan apakah Anda tertidur setelah makan karena malamnya kurang tidur atau tidak? Karena sebenarnya kebiasaan buruk pada tidurlah yang menambah berat badan. 
 
Ini karena kurang tidur bisa memengaruhi hormon Anda, terutama hormon yang secara langsung memengaruhi nafsu makan.
 
Ketika Anda kurang tidur, tubuh Anda meningkatkan produksi ghrelin yang membuat Anda merasa lapar dan mengurangi produksi leptin yang membantu mengendalikan perasaan kenyang. Alhasil, jika Anda sangat lelah, Anda jadi makan lebih banyak. 
 
Makan Sebelum Tidur Tidak Bikin Gemuk?
(Menurut studi di jurnal Sleep (2010) tidur terlalu sedikit dan terlalu banyak dapat memengaruhi kenaikan berat badan pada orang berumur di bawah 40 tahun selama periode lima tahun. Foto: Pexels.com)

Begadang dan makan telat yang bikin tambah berat badan

Kebiasaan tidur pagi-pagi dan makan ketika laparlah yang justru bikin badan Anda bertambah lebar. Sebuah penelitian 2011 dari Northwestern University menunjukkan bahwa bukan pola makan dan tidur yang mendorong kenaikan berat badan melainkan peningkatan kalori dan pilihan makanan yang diambil oleh individu yang memiliki kebiasaan ini.
 
Rata-rata, para peserta yang begadang dan tidur larut mengonsumsi 248 kalori lebih banyak setiap hari, mereka juga dua kali lebih banyak mengonsumsi makanan cepat saji, minum soda, dan sedikin makan buah dibandingkan orang yang tidur tepat waktu.
 
Orang-orang ini tampaknya lebih berat karena mereka mengganggu ritme sirkadian alami tubuh mereka padahal tubuh mereka membutuhkan tidur.

Cara mengelola berat badan

Coba mulai dari sekarang Anda berfokus mengubah pola makan yang buruk. Makan salad sebelum tidur siang akan menciptakan hasil yang sangat berbeda daripada makan es krim dan donat.
 
Jangan stres jika Anda bekerja lembur. Jangan jadikan makanan sebagai pelarian. Kemudian makan makanan yang mengandung sebagian penuh protein tanpa lemak, sayuran dan biji-bijian. Ini akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat. 
 
Rencanakan makanan Anda dalam seminggu. Buat makanan yang bisa Anda panaskan agar lebih praktis. Ini bisa dada ayam, sayuran dan rebus sepanci besar, beras merah. 
 
Juga, perhatikan apakah Anda memiliki kebiasaan mengemil makanan olahan seperti permen dan keripik saat menonton. Terlalu banyak camilan ini menyebabkan kenaikan berat badan walaupun Anda makannya di pagi hari atau sebelum tidur. Selamat memperbaiki kebiasaan Anda. Pasti nanti akan membuahkan hasil.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif