dr. Indah Widyasari, SpKK, Dokter kulit dan kecantikan (Foto: Raka/Medcom.id)
dr. Indah Widyasari, SpKK, Dokter kulit dan kecantikan (Foto: Raka/Medcom.id)

Rawatlah Kulit Wajah Sedini Mungkin

Rona kesehatan kulit
Raka Lestari • 16 Januari 2020 16:57
Jakarta: Penggunaan skincare sangatlah penting. Ada banyak jenis dan tahapan dalam penggunaan skincare yang semuanya memiliki efek bagi kulit Anda.
 
Sayangnya, saking banyaknya tahapan yang perlu dilakukan, terkadang beberapa orang malas menggunakan skincare.
 
“Kulit merupakan organ terluar dan kalau terjadi apa-apa maka kulit yang pertama kali kena,” ujar dr. Indah Widyasari, SpKK, Dokter kulit dan kecantikan dalam acara Peluncuran Wardah White Secret Series, di kawasan Jakarta Selatan, Kamis, 16 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dokter Indah menambahkan bahwa, kulit merupakan bagian pertama yang terkena berbagai macam polusi, debu, dan sinar UV. Ketika kulit terpapar sinar UV, polusi, dan debu akan merangsang radikal bebas, barrier pada kulit juga akan rusak.
 
"Akibatnya merangsang melanin yang berlebih. Kandungan melanin yang berlebih itu dapat menyebabkan bintik hitam, warna kulit tidak merata, merusak kolagen kulit, dan lainnya," terang dr. Indah.
 
“Dalam merawat kulit, jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah dan menggunakan pelembap. Selain itu, gunakan sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30. Dengan begitu, proses radikal bebas pada kulit akan berkurang, kolagen dalam kulit akan lebih sehat sehingga kerusakan kulit berkurang, barrier kulit pun akan lebjh baik,” ujar dr. Indah.
 
Lebih lanjut dr. Indah menyarankan untuk merawat kulit wajah sedini mungkin. Tepatnya sejak memasuki masa remaja. Minimal dengan membersihkan wajah dari debu, kotoran, dan lain-lain.
 
Selain itu, jangan lupa menggunakan pelembap karena dapat mencegah penuaan dan bahkan kanker kulit. Untuk itu dr. Indah menyarankan melakukan reapply pelembap setiap 3-4 jam sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
 
“Dan yang perlu diperhatikan ada lifestyle atau pola hidup. Dengan melakukan olahraga, maka hidrasi tubuh akan lebih baik. Olahraga juga akan membuat lebih banyak minum air, sehingga kulit akan mendapatkan hidrasi yang cukup dari air yang diminum tersebut,” tambah dr. Indah.
 
Yang tak kalah penting menurut dr. Indah adalah manajemen stres yang baik. Hormon yang tidak baik akan memberikan efek pada kesehatan kulit secara keseluruhan.
 
"Maka stres yang tidak diatasi dapat berpengaruh pada kesehatan kulit,” tutup dr. Indah.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif