Mana Lebih Baik, Kopi Panas atau Dingin?
Ilustrasi minum kopi (Foto: dok. pribadi)
Jakarta: Menurut penelitian terbaru, antara kopi yang disajikan secara dingin dan panas akan memiliki manfaat yang berbeda-beda bagi kesehatan. Namun menurut penelitian tersebut, disebutkan bahwa kopi yang disajikan secara hangat sedikit lebih baik daripada yang disajikan secara dingin terutama dalam manfaatnya bagi kesehatan Anda.

Menurut ScienceDaily, para peneliti dari Universitas Philadelphia dan Thomas Jefferson University menerbitkan sebuah studi baru dalam jurnal Scientific Reports yang meneliti beberapa perbedaan antara kopi yang diseduh secara panas dan dingin. Anda mungkin pernah mendengar bahwa minuman dingin lebih baik untuk Anda karena lebih sedikit bersifat asam, yang berarti akan lebih aman bagi gigi dan lambung Anda.

Namun studi tersebut melakukan tes tingkat keasaman dari kedua jenis kopi dan menemukan bahwa semua sampel baik yang diseduh secara panas maupun dingin hanya berkisar 4,85-5,13 pada skala pH, yang berarti tidak ada perbedaan signifikan antara kedua jenis kopi dalam hal keasaman, tulis Science Daily. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa manfaat kesehatan dari minum kopi dapat bervariasi tergantung pada suhu minuman.


"Kopi memiliki banyak antioksidan, jika Anda meminumnya dalam jumlah sedang, penelitian menunjukkan itu bisa sangat baik untuk Anda," kata penulis studi Megan Fuller, Ph.D., asisten profesor kimia di Thomas Jefferson University. "Namun kami menemukan bahwa minuman panas memiliki kapasitas antioksidan lebih banyak."

Jadi pada dasarnya, tidak ada perbedaan signifikan antara kopi yang diseduh secara dingin ataupun panas. Anda masih tetap bisa mengonsumsi keduanya dan mendapatkan manfaat dari keduanya asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang moderat atau tidak berlebihan. Perbedaan antara khasiat kopi yang diseduh secara panas maupun dingin hanyalah dari sugesti individu masing-masing.




 



(ELG)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id