Untuk mengendalikan gastritis salah satunya adalah mengurangi kopi atau teh. (Foto: Pexels.com)
Untuk mengendalikan gastritis salah satunya adalah mengurangi kopi atau teh. (Foto: Pexels.com)

Tiga Kebiasaan untuk Mengendalikan Gastritis

Rona kesehatan pencernaan
Torie Natalova • 26 April 2019 09:15
Gastritis adalah sensasi terbakar di perut. Untuk mengendalikan gastritis salah satunya adalah mengurangi kopi atau teh. Kafein dapat mengiritasi mukosa lambung Anda. Cara lainnya untuk membantu mengendalikan gastritis adalah Anda harus minum banyak air karena dapat membantu detoksifikasi tubuh Anda. 
 

 
Jakarta:
Sensasi terbakar di perut menunjukkan bahwa mukosa lambung Anda mungkin meradang atau gastritis. Untuk mengendalikan gastritis, Anda harus makan dengan benar. Tidak harus makan dalam porsi besar, Anda hanya perlu makan dengan porsi sedikit namun sering.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada beberapa penyebab gastritis seperti minum obat pada saat perut kosong yang bisa mengiritasi lapisan perut Anda, diet atau kebiasaan tidak sehat seperti minum alkohol juga dapat memicu gastritis.
 
Selain mengatur pola makan, Anda dapat mencegah gastritis datang kembali dengan beberapa kebiasaan sederhana untuk dilakukan sehari-hari seperti berikut.

1. Minum cukup air

Untuk membantu mengendalikan gastritis, Anda harus minum banyak air karena dapat membantu detoksifikasi tubuh Anda. Selain itu, air dapat membantu meringankan rasa sakit dan perasaan mulas atau berat sesaat.
 
Namun, jangan terlalu banyak minum air karena tingkat keasaman tubuh Anda bisa menjadi tidak seimbang yang dapat memperburuk gastritis. 
 
Sebelum minum delapan gelas air sehari, pertimbangkan juga tingkat aktivitas fisik Anda. Jika Anda memiliki pekerjaan yang harus mengharuskan banyak bergerak atau olahraga, mungkin Anda harus minum lebih dari delapan gelas.
 
Kebutuhan air setiap orang berbeda-beda. Jumlahnya akan tergantung pada apa yang Anda lakukan dan apakah tubuh Anda memerlukan banyak air atau tidak.
 
Tiga Kebiasaan untuk Mengendalikan Gastritis
(Kurangi kopi, karena kafein dapat mengiritasi mukosa lambung Anda. Foto: Pexels.com)
 
(Baca juga: Manfaat Lain dari Kentut yang Belum Anda Ketahui)

2. Mengonsumsi makanan yang tepat

Jika Anda ingin mengendalikan gastritis, Anda harus ingat bahwa diperlukan beberapa perubahan pola makan. Batasi makanan seperti cokelat, makanan asam, tomat atau bawang yang dapat memperburuk gejala gastritis. 
 
Cobalah makan atau mengunyah makanan secara perlahan dan makan empat atau lima kali sehari. Dengan cara ini, Anda akan menghindari rasa lapar dan membiarkan perut mencerna makanan dengan baik sehingga pencernaan tidak terbebani. Ada beberapa makanan yang harus benar-benar Anda hindari jika menderita gastritis yaitu makanan pedas dan berminyak.

3. Ubah kebiasaan buruk Anda

Kebiasaan buruk yang berkelanjutan akan memperburuk gejala gastritis Anda. Ada beberapa kebiasaan yang dapat memengaruhi mukosa lambung Anda. Pertama, minum kafein yang biasa terdapat dalam kopi, minuman bersoda dan teh. 
 
Kafein dapat mengiritasi mukosa lambung Anda. Kedua adalah tembakau. Merokok sebenarnya adalah kebiasaan buruk yang memengaruhi gastritis Anda. Sebaiknya, segera berhenti merokok demi kesehatan lambung Anda.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif