NEWSTICKER
Perawat dengan mengenakan pakaian APD (Alat Pelindung Diri) berupa baju Hazmat (Hazardous Material) melayani pasien kedua suspect. (Foto: Destyan Sujarwoko/Antara)
Perawat dengan mengenakan pakaian APD (Alat Pelindung Diri) berupa baju Hazmat (Hazardous Material) melayani pasien kedua suspect. (Foto: Destyan Sujarwoko/Antara)

Gejala Covid-19 di Dalam Tubuh dari Hari ke Hari

Rona Virus Korona virus corona covid-19
Raka Lestari • 26 Maret 2020 11:53
Jakarta: Gejala awal dari virus korona atau covid-19 adalah demam dan flu biasa. Sehingga banyak orang yang terinfeksi covid-19 seringkali baru terdeteksi pada saat gejala memasuki tahap sedang bahkan berat.
 
Gejala yang sudah sampai ke tahap berat itulah yang membuat banyak pasien sulit bisa disembuhkan. Bahkan bisa menyebabkan kematian.
 
Dokter. Dewi Sumaryani Soemarko, M.S, SpOK dari Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas FKUI menjelasakan, gejala itu artinya virus masuk. Selama daya tahan tubuh kuat tidak apa-apa, tetapi kalau kebetulan lemah itulah yang harus hati-hati.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kewaspadaan merupakan hal yang sangat penting,” ujarnya.
 
Dokter Dewi juga menjelaskan bagiamana perjalanan gejala covid-19 dari hari ke hari seperti berikut ini:

-Hari 1

Pasien demam. Mereka juga mungkin mengalami kelelahan, nyeri otot, dan batuk kering. Sebagian kecil dari mereka mungkin mengalami diare atau mual selama satu atau dua hari sebelumnya.

-Hari 5

Pasien mungkin mengalami kesulitan bernapas. Terutama jika mereka berusia lanjut atau memiliki riwayat penyakit yang sudah ada sebelumnya.

-Hari 7

Ini adalah berapa lama, rata-rata, sebelum pasien dirawat di rumah sakit menurut penelitian di Universitas Wuhan, Tiongkok.

-Hari 8

Pada titik ini, pasien dengan kasus yang parah (15 persen menurut CDC Tiongkok) mengalami sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS). Penyakit yang terjadi ketika cairan terkumpul di paru-paru. ARDS seringkali berakibat fatal.

-Hari 10

Jika pasien mengalami gejala yang memburuk, ini adalah waktu perkembangan penyakit ketika mereka kemungkinan besar di rawat di ICU. Pasien-pasien ini mungkin mengalami sakit perut dan kehilangan nafsu makan. Berbeda dengan pasien dengan kasus yang lebih ringan. Hanya sebagian kecil yang meninggal. Tingkat kematian saat ini berkisar sekitar 2 persen.

-Hari 17

Rata-rata orang yang pulih dari virus dikeluarkan dari rumah sakit setelah dua setengah minggu. Meski begitu waspada tetap dilakukan.
 
Sampai sekarang, vaksin untuk menangani covid-19 ini masih belum ditemukan. Jadi, cara terbaik untuk menghindari penyebaran covid-19 ini adalah sebisa mungkin untuk tidak tertular dari pasien yang terinfeksi. Covid-19 ini dapat menyebar dengan mudah dari orang ke orang melalui droplets dari pasien terinfeksi yang batuk dan bersin.
 
Jadi, sering-seringlah mencuci tangan dan hindari kontak dekat dengan orang yang sakit dan bersihkan permukaan barang-barang yang Anda gunakan setiap hari.
 

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif