Anda merasa stres saat ini karena karantina dan tidak boleh keluar rumah? Simak cara untuk mengatasinya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Anda merasa stres saat ini karena karantina dan tidak boleh keluar rumah? Simak cara untuk mengatasinya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Marah-marah Saat Karantina Virus Korona Wajarkah?

Rona Virus Korona psikologi virus corona covid-19
Kumara Anggita • 29 Maret 2020 18:13
Jakarta: Karantina di rumah akibat virus korona atau covid-19 sudah berlangsung cukup lama untuk beberapa orang. Dalam masa-masa ini, apakah Anda merasa ada yang salah dengan diri Anda seperti mudah marah pada hal-hal kecil? 
 
Jika jawabannya iya, Anda tidak usah terlalu khawatir. Ini karena Emeldah dari Halodoc dan Anggota Ikatan Psikologi Indonesia mengungkapkan bahwa kemarahan ini muncul dari kecemasan yang terjadi akibat pandemi virus korona.
 
“Kecemasan sudah berdampak (dari pandemik virus korona). Ada rasa gelisah, sampai susah tidur, sulit mengendalikan emosi jadi bawaannya marah-marah,” ujarnya dalam video BNPB Indonesia “Mengatasi Kebosanan dan Mengelola Stres Disaat Physical Distancing dan Isolasi Mandiri.”

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Gejala itu adalah situasi yang normal di kondisi tidak normal. Jadi saat ini kita ada di kondisi pandemi di mana seluruh dunia terkena bencana alam,” lanjutnya. 
 
Menurutnya kecemasan ini muncul dari suasana yang mebuat Anda berada dalam situasi yang tidak pasti dan menakutkan. Oleh karena itu, dia menyarankan beberapa hal untuk dilakukan di rumah demi mengontrol kecemasan itu sendiri.
 
Lakukan rutinitas baru
Menurutnya, kondisi sekarang bila tak dikontrol akan membuat Anda yang di rumah merasa stuck pada rutinitas. Oleh karena itu, dia menyarakan Anda untuk membuat rutinitas baru setiap harinya.
 
“Ini karena kita dalam kondisi pandemi, kalau kita bertahan dengan rutinitas lama itu tidak mungkin. Kita butuh menyesuaikan dengan kondisi saat ini. Mungkin dengan anak-anak mau ngapain besok. Bisa dibagi juga ada tugas prioritas, bikin kerja dan belajar dari rumah. Bikin capaian, target,” jelasnya. 
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif