Apakah sabun batangan aman ketika Anda pakai dalam masa pandemi covid-19 seperti saat sekarang ini? Temukan jawabannya di bawah ini. (Foto: Pexels.com)
Apakah sabun batangan aman ketika Anda pakai dalam masa pandemi covid-19 seperti saat sekarang ini? Temukan jawabannya di bawah ini. (Foto: Pexels.com)

Apakah Sabun Batangan Aman Digunakan dalam Masa Pandemi Covid-19?

Rona covid-19 sabun batangan
Kumara Anggita • 03 Juni 2020 09:00
Jakarta: Segala tindakan pencegahan telah kita lakukan agar tak terkena covid-19, salah satu bentuk pencegahan yang paling populer adalah mencuci tangan.
 
Sebagian besar dari kita paling nyaman menggunakan sabun cair selama pandemi covid-19 karena memungkinkan setiap pengguna untuk memompa sendiri. Tapi bagaimana dengan sabun batangan? Apakah sabun ini aman digunakan?
 
Dinukil dari Huffpost bagi Anda yang suka sabun batang tak perlu khawatir. Sabun batang bukan tempat yang ramah buat virus. Sabun bekerja melawan virus korona karena dia dapat merusak membran lipid yang mengelilingi virus. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sederhananya, ilmu pengetahuan telah menunjukkan bahwa virus tidak dapat hidup dengan sabun apa pun, termasuk sabun batangan. Itulah sebabnya Anda dianjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air sesering mungkin.

Bisakah bakteri hidup di sabun batang?

Perlu diingat bahwa bakteri dan virus adalah dua hal yang berbeda. Bakteri (seperti Staphylococcus aureus) tidak dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui sabun, sebuah penelitian ekstensif menyimpulkan pada tahun 1965.
 
Sebuah studi lanjutan pada tahun 1988 melihat apakah bakteri seperti E. coli dan Pseudomonas aeruginosa akan berpindah dari batang sabun yang terinfeksi ke kelompok uji. Hasil mengonfirmasi hasil penelitian awal bahwa bakteri pada sabun tidak dapat ditularkan melalui cuci tangan lewat sabun batang.
 
Apakah Sabun Batangan Aman Digunakan dalam Masa Pandemi Covid-19?
(Ilmu pengetahuan telah menunjukkan bahwa virus tidak dapat hidup dengan sabun apa pun, termasuk sabun batangan. Jadi, jangan bosan mencuci tangan setelah melakukan berbagai hal. Foto: Pexels.com)
 
Jika Anda masih tidak yakin, Anda selalu dapat mengambil tindakan pencegahan ekstra. Anda dapat menggunakan sabun cair daripada sabun batangan, tetapi berhati-hatilah untuk tidak menyentuh pompa, karena Anda dapat berisiko terkontaminasi dari wadah. 
 
“Sabun cair biasanya dalam wadah plastik, dan sangat sulit untuk menggunakannya tanpa menyentuh bagian luar,” kata Darien Sutton, seorang dokter emergency di New York.

Kapan harus menghindari sabun batang?

Sabun batang aman dan higienis untuk digunakan, tetapi Sutton menyarankan agar Anda menggunakan sabun batang Anda sendiri dan menjaganya terpisah dari sabun batang yang digunakan oleh orang yang tinggal bersama Anda, terutama jika Anda atau mereka simtomatik atau terinfeksi.
 
“Saya tidak berpikir ada bahaya serius jika satu orang berbagi sabun dengan yang lain, tetapi jika Anda mencoba untuk mengurangi risiko kontaminasi sebanyak mungkin, terutama jika seseorang memiliki gejala aktif, Anda harus menggunakan sabun Anda sendiri. Sabun pribadi,” kata Sutton kepada HuffPost.
 
“Yang terbaik adalah memiliki sabun pribadi sendiri terutama jika Anda menggunakannya pada tubuh atau wajah Anda. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko kontaminasi,” tambah Janette Nesheiwat, dokter keluarga dan darurat di New York.

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif