(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Meningkatkan Aktivitas Fisik di Usia Muda Bantu Cegah Osteoporosis

Rona osteoporosis
Farhan Dwitama • 17 Desember 2017 12:04
Tangerang: Secara perlahan, kepadatan tulang akan terus berkurang dari waktu ke waktu seiring pertambahanbertambahnya usia seseorang. Hal itu menimbulkan penurunan kualitas kepadatan tulang atau yang lebih dikenal dengan osteoporosis.
 
Leny Puspitasari, dokter spesialis Penyakit Dalam di Siloam Hospital Lippo Village menerangkan, Osteoporosis merupakan kepadatan tulang yang terus beregenerasi dari waktu ke waktu membuat tulang menjadi keropos dan rentan retak.
 
"Kepadatan tulang akan semakin berkurang antara usia 25 hingga 35 tahun, dan akan terus menurun seiring pertambahan usia," ujarnya dalam edukasi kesehatan di Siloam Hospital Lippo Village, Minggu, 17 Desember 2017.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepadatan tulang yang terus berkurang, lanjut dia, akan dialami terutama oleh perempuan dengan rentang usia di atas 50 tahun, atau setelah monopause. Karena pada saat itu, hormonnya telah berkurang.
 
"Sementara kepadatan tulang pada laki-laki berkurang di rentang usia sekitar 65 tahun," tambah Leny.
 
Untuk menghindari atau memperlambat pengeroposan tulang, dia berpesan untuk memperbanyak melakukan aktivitas dan olahraga sejak dini atau pada usia muda.
 
Selain peningkatan aktivitas di usia muda, dia mengingatkan juga untuk rajin mengonsumsi asupan kalsium, protein, dan vitamin D yang dihasilkan dari sinar matahari.
 
"Saat masih kanak-kanak tulang kita tumbuh dan mampu memperbarui diri dengan cepat, disarankan usia muda untuk meningkatkan aktivitas fisik, rajin berolahraga dan mengonsumsi asupan berkalsium, penuh protein dan Vitamin D, yang sebenarmya bisa didapat dari paparan sinar matahari pagi," pungkasnya.
 

 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif