Kurang tidur bisa membuat Anda lemas dan kurang bergairah (Foto: Hutomo Abrianto/Unsplash)
Kurang tidur bisa membuat Anda lemas dan kurang bergairah (Foto: Hutomo Abrianto/Unsplash)

Kurang Tidur, Terapkan Tiga Hal Ini agar Tetap Fit

Rona kesehatan
Dhaifurrakhman Abas • 11 Desember 2018 07:28
Jakarta: Kerjaan menumpuk tak kunjung kelar. Mau tak mau, hari ini mesti lembur, begadang sampai larut malam.
 
Sementara besok pagi-pagi sekali harus kembali bekerja. Alhasil, waktu tidur ideal tidak terpenuhi, kurang dari delapan jam sehari.
 
Kurangnya waktu tidur bisa berdampak buruk. Menyebabkan kondisi medis serius seperti diabetes, obesitas dan penyakit jantung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun seperti kata Rhoma Irama, begadang boleh saja asal ada perlunya. Nah untuk itu, hal-hal di bawah ini perlu Anda terapkan agar selalu fit sepanjang hari meskipun waktu tidur berkurang.
 
1. Hindari sarapan yang manis-manis
Sarapan membantu mengurangi kelelahan dan memperbaiki suasana hati. Namun memilih menu sarapan juga tak boleh sembarangan saja.
 
Jangan memilih sereal manis sebagai pengganti gandum utuh dan protein. Jangan pula menyeruput kopi atau teh pada pagi hari dengan gula, ketika Anda kurang tidur.
 
2. Terkena sinar matahari
Terkena sinar matahari pagi bisa meningkatkan mood. Selain itu berfungsi untuk mengatur suhu tubuh secara instan.
 
3. Secangkir kopi sebelum memulai pekerjaan
Kafein pada kopi, cokelat, atau pun teh berdampak baik pada kinerja otak. Dalam dunia medis, kafein juga berfungsi untuk menstimulasi kerja jantung. 
 
Kafein yang dikonsumsi cepat merespons sistem di dalam tubuh. Jadi, menyeruput kopi sebelum berangkat kerja menjadi sajian pas untuk membuat tubuh Anda tetap fit sepanjang hari.
 
Jangan Abaikan Waktu Tidur!

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif