Foto Ilustrasi: Curology/unsplash
Foto Ilustrasi: Curology/unsplash

Pentingnya Menjaga Kelembapan Kulit

Rona kesehatan kulit
Sunnaholomi Halakrispen • 19 Mei 2019 12:50
Jakarta: Cuaca yang tidak menentu membuat kulit sulit menyesuaikan diri dan menjadi tidak sehat. Terlebih, ketika kita berpuasa dan tidak mengonsumsi cairan selama lebih dari 12 jam.
 
Kondisi cuaca dan berhentinya asupan cairan ke dalam tubuh, berisiko menjadikan kulit kering. Baik pada musim kemarau maupun musim hujan. Bahkan, musibah banjir biasanya diikuti oleh timbulnya berbagai macam penyakit, termasuk penyakit kulit.
 
"Penyakit kulit yang dapat timbul setelah kejadian banjir di antaranya adalah infeksi bakteri, infeksi jamur, dan dermatitis atau eksim," ujar dr. Litya Ayu Kanya Anindya, SpKK, FINS-DV, di Warung Ningrat, Jakarta Utara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lebih luas dr. Litya memaparkan, biasanya masalah kulit timbul berdasarkan berbagai penyebab. Di wilayah Jakarta, salah satu permasalahan yang sering terjadi ialah banjir. Penyebab lain, tergantung pada kondisi cuaca dan suhu daerah, tingkat pendidikan, dan gaya hidup.
 
Namun, masih banyak masyarakat yang belum menganggap penting perawatan dan penjagaan kulit di tubuh masing-masing. Adalah Kecamatan Penjaringan, salah satu area di Jakarta, yang sebagian masyarakatnya masih mengabaikan gangguan kulit.
 
"Sebagian masyarakat di Kecamatan Penjaringan masih mengabaikan gangguan kulit yang mereka alami dan tidak menganggapnya sebagai hal yang berbahaya. Padahal, gangguan kulit yang tidak mendapatkan penanganan yang tepat akan menjadi lebih sulit disembuhkan dan berpotensi mengganggu kualitas hidup secara keseluruhan," tuturnya.
 
Daerah Jakarta Utara juga dinilai sebagai wilayah yang paling banyak terjadi banjir. Kemudian, daerah yang benar-benar membutuhkan bantuan dan berdasarkan data dari puskesmas terjadi masalah kulit yang cukup tinggi. Kesadaran masyarakat pun dinilai kurang dalam melakukan pemeriksaan kulit.
 
Maka dari itu, dr. Litya beserta dokter di Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) Cabang Jakarta, menyebarluaskan edukasi bersama Vaseline Healing Project. Fokusnya, tentang kesehatan kulit.
 
Akan diterapkan sosialisasi untuk membantu memperbaiki kondisi kulit bagi 250 warga yang tinggal di Wilayah Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Brand Manager Vaseline, Mahnessa Siregar, menyatakan bahwa pihaknya percaya setiap orang dapat memiliki kulit sehat.
 
"Kita terus membangun kesadaran masyarakat dunia untuk lebih peduli kepada kesehatan kulit mereka. Di saat yang sama, kami juga menyadari bahwa bagi mereka yang tinggal di daerah-daerah yang mengalami bencana, krisis, maupun kemiskinan, gangguan kulit yang paling sederhana dan sebenarnya dapat dicegah, telah memengaruhi produktivitas dan kualitas hidup mereka," papar Mahnessa.
 
Proteksi Diri di Musim Penghujan

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif