Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Fakta tentang Susu sebagai 'Obat' Tidur

Rona tidur susu
Kumara Anggita • 28 Mei 2020 12:05
Jakarta: Kurang tidur bisa memengaruhi kondisi fisik dan mental Anda. Misalnya, Anda jadi mudah lelah, gampang marah, atau bahkan pusing.
 
Untuk itu, orang mencari solusi sederhana agar bisa tertidur lebih nyenyak. Salah satu solusi yang populer ditawarkan adalah dengan minum segelas susu.
 
Namun apakah benar cara ini efektif? Berikut penjelasannya yang dilansir dari Healthiline:

Minum susu bisa bantu tidur lebih cepat

Sejumlah penelitian hewan dan manusia menunjukkan bahwa, mengonsumsi produk susu seperti susu dan keju sebelum tidur dapat membantu beberapa orang tidur lebih nyenyak di malam hari, meskipun tak ada alasan yang jelas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kendati demikian, sebagian besar ahli sepakat bahwa hal ini kemungkinan terjadi karena  senyawa kimia tertentu atau efek psikologis, lantaran memiliki rutinitas tidur yang menenangkan atau mungkin kombinasi dari keduanya.

Minum susu membantu siklus tidur yang sehat

Senyawa tertentu dalam susu khususnya triptofan dan melatonin dapat membantu Anda tertidur. Tryptophan adalah asam amino yang ditemukan dalam berbagai makanan yang mengandung protein. Ini memainkan peran penting dalam produksi neurotransmitter yang dikenal sebagai serotonin.
 
Serotonin sendiri bisa meningkatkan suasana hati, meningkatkan relaksasi, dan berfungsi sebagai prekursor dalam produksi hormon melatonin. Sementara melatonin dikenal sebagai hormon tidur yang akan dilepaskan oleh otak Anda. Alhasil dua hal ini membantu mengatur ritme sirkadian Anda dan mempersiapkan tubuh Anda untuk memasuki siklus tidur.
 
Peran triptofan dan melatonin dalam gangguan tidur sudah begitu kuat. Penelitian juga telah menemukan bahwa mengambil suplemen dari senyawa ini dapat meningkatkan tidur dan mengurangi gejala kecemasan serta depresi yang dapat muncul pada waktu tidur.

Efek psikologis

Beberapa ahli menduga bahwa susu dibilang bisa digunakan sebagai alat bantu tidur namun tidak ada hubungannya dengan profil nutrisinya. Hal ini lebih terkait dengan efek psikologis dari memiliki ritual tidur yang menenangkan.
 
Teori lain adalah bahwa minum susu hangat secara tidak sadar dapat mengingatkan Anda pada masa kanak-kanak. Perasaan-perasaan yang menenangkan ini mungkin mengisyaratkan ke otak Anda bahwa sudah waktunya tidur, membuatnya lebih mudah untuk tertidur dengan tenang.
 
Namun, tidak ada cukup bukti untuk menjamin hasil tertentu dari menambahkan susu ke rutinitas sebelum tidur Anda. Diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia yang dirancang dengan baik.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif