NEWSTICKER
Kasur yang lembut dan empuk mungkin terasa lebih nyaman, tetapi justru dapat menyebabkan sakit punggung di pagi hari. (Ilustrasi/Pexels)
Kasur yang lembut dan empuk mungkin terasa lebih nyaman, tetapi justru dapat menyebabkan sakit punggung di pagi hari. (Ilustrasi/Pexels)

Tips Mencegah Sakit Punggung di Pagi Hari

Rona tips kesehatan
Raka Lestari • 20 Februari 2020 09:46
Jakarta: Bangun tidur di pagi hari seharusnya memberikan kesegaran atau kebugaran pada tubuh setelah istirahat yang cukup pada malam sebelumnya. Akan tetapi, bagaimana jika ketika bangun tidur Anda justru mengalami sakit punggung? Tentu hal tersebut sangat tidak menyenangkan dan dapat mengganggu aktivitas Anda pada hari itu.
 
Lalu apa yang harus Anda lakukan jika Anda mengalami sakit punggung, tepat setelah bangun tidur di pagi hari?
 
Berikut tips mencegah sakit punggung, seperti dilansir thehealthy:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengompres dengan es batu
 
"Jika Anda merasakan sakit pada punggung, gunakan ice pack atau es batu yang dibalut dengan kain untuk membantu menghilangkan rasa sakit dan menurunkan peradangan," kata Shelly Coffman, seorang personal trainer di 360° Sports Medicine and Spine Therapy. Taruh ice pack di atas punggung Anda selama 10 menit untuk mengatasinya. 
 
Periksa tempat tidur Anda
 
Kasur yang lembut dan empuk mungkin terasa lebih nyaman, tetapi justru dapat menyebabkan sakit punggung di pagi hari. Kasur yang lebih padat merupakan pilihan yang terbaik untuk mencegah sakit punggung di pagi hari. Bagaimana posisi tidur juga dapat berpengaruh.
 
Menurut Coffman, tidur tengkurap dapat memperparah sakit punggung karena dapat menempatkan kepala Anda dalam posisi yang salah untuk waktu yang lama. 
 
Perhatikan cara Anda mengemudi
 
Mengemudi mobil terlalu lama dapat menyebabkan gangguan pada punggung Anda. Anda dapat membantu mencegah rasa sakit dimulai dengan postur mengemudi yang baik. 
 
Coffman menyarankan menjaga kursi Anda pada 100 derajat. Sandaran kepala Anda juga harus menyentuh bagian tengah belakang kepala Anda, dengan punggung bagian bawah sejajar dengan kursi. 
 
Cara duduk yang salah
 
Postur yang buruk dapat memperburuk gangguan pada punggung Anda. Dan salah satu penyebab yang paling sering memengaruhi punggung Anda adalah ketika menggunakan komputer untuk waktu yang lama.
 
Coffman merekomendasikan untuk melakukan “pemeriksaan postur tubuh” setiap jam. Atur layer komputer setinggi mata Anda sehingga mata Anda tepat di tengah layar ketika Anda sedang duduk tegak.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif