banner

Manfaat Tersembunyi dari Menunda Sesuatu

Raka Lestari 14 Februari 2018 18:00 WIB
psikologi
Manfaat Tersembunyi dari Menunda Sesuatu
Tak selalu jelek, menunda pekerjaan, Anda juga mengulur kecemasan atau tekanan dan membatasinya hingga jumlah waktu sesingkat mungkin. (Foto: Simon Migaj/Unsplash.com)
Jakarta: Jika Anda adalah seseorang yang sering menunda-nunda sesuatu, tidak perlu terlalu keras pada diri Anda sendiri. Meskipun menunda-nunda sesuatu sering diidentikan dengan sesuatu yang negatif, beberapa ahli menyebutkan bahwa menunda-nunda pekerjaan bisa memiliki manfaat yang menguntungkan juga. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat tersembunyi dari menunda-nunda melakukan suatu pekerjaan. 

1. Tingkat stres Anda menurun 
Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Social Psychology menemukan bahwa dibandingkan orang-orang yang tidak suka menunda suatu pekerjaan, orang yang suka menunda pekerjaan mengalami lebih sedikit tekanan dan memiliki kesehatan fisik yang lebih karena tenggat waktu yang dimiliki tidak berada pada waktu dekat.


Dengan menunda pekerjaan, Anda juga mengulur kecemasan atau tekanan dan membatasinya hingga jumlah waktu sesingkat mungkin.

2. Waktu yang tepat untuk mempelajari management skills
Dalam jangka pendek, melakukan pekerjaan dalam waktu yang singkat membuat Anda bekerja lebih cepat misalnya jika Anda melakukan suatu pekerjaan dengan tenggat waktu seminggu akan bisa selesai dalam 10 jam namun jika tenggat waktunya dipersingkat menjadi satu malam pekerjaan tersebut akan selesai dalam waktu hanya 5 jam.

Karena Anda memiliki sedikit waktu yang tersedia, otak belajar untuk memanfaatkannya dalam waktu singkat, dan Anda bisa memiliki lebih banyak waktu untuk hal-hal lain. 


(Tak selalu jelek, menunda pekerjaan, Anda juga mengulur kecemasan atau tekanan dan membatasinya hingga jumlah waktu sesingkat mungkin. Foto: Isabell Winter/Unsplash.com)

(Baca juga: Menunda Bangun Tidur Buat Tubuh Lebih Lelah)

3. Memberikan dorongan energi lebih 
Menurut Scientific American, di bawah tekanan akut, sistem saraf simpatik tubuh mempersiapkan tubuh untuk melakukan suatu hal secara terus-menerus dan kuat. Kelenjar adrenal menyingkirkan kortisol dan adrenalin ke dalam aliran darah. Tekanan darah melonjak dan jantung berdebar mengantarkan oksigen dan energi ke otot-otot. 

4. Membuat Anda sangat fokus terhadap pekerjaan Anda
Dengan melakukan penundaan, memaksa Anda untuk hanya fokus pada tugas sampai tugas tersebut diselesaikan. Sebuah artikel baru-baru ini yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences menegaskan bahwa mereka yang memiliki kemampuan multitasking membuat lebih banyak kesalahan, dapat mengingat lebih sedikit, dan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan sebuah tugas.

5. Membuat hasil pekerjaan lebih baik
Saat Anda menunda-nunda, Anda tidak sepenuhnya menghapus tugas dari kepala Anda tetapi pikiran Anda masih sadar bahwa itu harus dilakukan pada akhirnya. Dalam buku "Wait: The Useful Art of Procrastination" karangan Frank Partnoy menunda pekerjaan membuat Anda bisa lebih memikirkan ide Anda lebih dalam dan lebih matang. 











(TIN)