Cara terbaik untuk mengantisipasi kabar negatif adalah konsumsi kabar positif. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Cara terbaik untuk mengantisipasi kabar negatif adalah konsumsi kabar positif. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Tenangkan Diri di Tengah Teror yang Merajalela

Rona psikologi
Sunnaholomi Halakrispen • 20 Mei 2019 15:46
Cara terbaik untuk mengantisipasi kabar negatif adalah konsumsi kabar positif. Ini akan sedikit membuat Anda tenang. Psikolog anak, remaja, dan keluarga dari Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha, Bandung, Efnie Indrianie, M. Psi. mengatakan untuk menanggulangi persepsi negatif, maka masyarakat harus memperoleh informasi positif dalam taraf yang berimbang.
 

 
Jakarta:
Berbagai peristiwa besar yang digadang-gadang akan diramaikan ribuan bahkan jutaan orang sudah tentu bisa membuat Anda waswas. Ada perasaan takut atau cemas juga akan hal tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Takut akan terjadinya kericuhan, takut juga akan terjadinya bentrokan, belum lagi kemacetan yang bisa membuat Anda tertahan di jalan. Bisa jadi Anda sudah merasakan ngeri duluan.
 
Psikolog anak, remaja, dan keluarga dari Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha, Bandung, Efnie Indrianie, M. Psi. membenarkan hal tersebut. Hal ini bisa terjadi karena informasi semakin sangat mudah diakses secara digital. Media sosial salah satunya.
 
"Jika dilihat dari sudut pandang psikologi, sebenarnya hal yang coba dibangun oleh sekelompok orang yang sengaja membuat keresahan adalah membuat masyarakat memiliki 'persepsi negatif' tentang situasi saat ini," ujar Efnie kepada Medcom.id di Jakarta.
 
Apabila terbenam persepsi negatif tentang situasi, menimbulkan perasaan tidak nyaman. Ketika persepsi itu berhubungan dengan aspek kognitif masyarakat, selanjutnya berpengaruh pada informasi yang diperoleh dari pengalaman.
 
Tenangkan Diri di Tengah Teror yang Merajalela
(Baca berbagai informasi positif agar Anda tidak berkutat dengan informasi yang negatif. Foto: Pexels.com)
 
Tiada henti kabar mencekam itu hadir di tengah masyarakat, membangun ketakutan. Apalagi selama proses pemilihan umum, bahkan jelang hari penentuan presiden selaku Kepala Negara Indonesia oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 22 Mei 2019.
 
"Selama ini cukup banyak informasi yang telah diterima masyarakat tentang teroris berupa informasi negatif. Oleh karena itu sedikit saja informasi negatif terkait tanggal 22 Mei maka masyarakat akan langsung menunjukkan reaksi resah," tuturnya.
 
Cara terbaik di tengah teror yang merajalela ialah menenangkan diri. Meskipun dikelilingi banyak informasi negatif juga informasi bohong atau hoaks, jangan mudah percaya.

Peroleh informasi positif

Sebagai masyarakat yang menjalani hidup di era digital, Anda bisa peroleh banyak informasi apapun yang Anda mau. Maka, carilah juga informasi positif tentang perkembangan negara, khususnya jelang 22 Mei 2019.
 
"Untuk menanggulangi persepsi negatif, maka masyarakat harus memperoleh informasi positif dalam taraf yang berimbang," paparnya.
 
Anda bisa melihat salah satunya dari pemerintah yang telah berupaya menjalankan tugasnya. Anda bisa melihat progresnya atau informasi positif lain melalui pemberitaan media massa yang resmi. Bukan hanya mengonsumsi informasi negatif yang kerap kali tersebar di sosial media.
 
Sumber informasi menjadi hal yang sangat penting. Berita atau informasi yang dipublikasi oleh media massa resmi pastinya memiliki akurasi dan kredibilitas tinggi. Ada penjelasan dari pihak yang berkewenangan dan memegang posisi penting dalam setiap isu dalam berita. Informasi positif dalam taraf yang berimbang.
 
"Hal ini menjadi penting agar aspek kognitif masyarakat memiliki pertimbangan setelah memeroleh begitu banyak informasi positif tentang tanggal 22 Mei tersebut. Di antara informasi positif yang diberikan tersebut adalah misalnya tentang informasi jaminan keamanan oleh pihak-pihak yang berkewenangan," pungkas Efnie. Ini bisa membantu mengurangi kecemasan Anda terhadap situasi yang membuat Anda takut.
 
Tenangkan Diri di Tengah Teror yang Merajalela
(Periksa mobil Anda serta ketahui rute agar perjalanan Anda bisa membuat Anda tenang. Foto: Pexels.com)
 
Pihak Polri pun telah berhasil menangkap puluhan teroris dari beragam kelompok. Ketika Anda menambah banyak pengetahuan dengan mengonsumsi informasi positif, maka bisa memengaruhi pola pikir dan mengatasi rasa ketakutan Anda. Sebab, infromasi yang Anda peroleh telah berimbang antara negatif dan positif.
 
Beberapa langkah praktis lainnya yang bisa Anda lakukan agar tidak terlalu takut teror seperti dilansir dari Worldaware, antara lain:
 
1. Komunikasikan agenda Anda pada keluarga di hari yang telah ramai beredar di media massa dan media sosial.
2. Jika Anda dapat mengatur ulang skejul, sebagai langkah antisipasi sebaiknya tetap Anda lakukan.
3. Ketika Anda membawa kendaraan (motor dan mobil), usahakan untuk tetap up to date dengan kondisi sekitar Anda melalui siaran radio.
4. Kala Anda membawa mobil, cek kondisi mobil dan pastikan kunci semua pintunya.
5. Biasakan bertanya pada pihak yang dapat dipertanggung jawabkan keterangannya.
6. Usahakan selalu tenang dan perbanyak informasi terpercaya dari media massa yang kredibel serta aparat kepolisian.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif