Agar penderita diabetes tipe 2 dapat tetap sehat dalam menjalankan puasa, mereka harus mematuhi tatalaksana diabetes yang terangkum dalam empat pilar pengendalian diabetes. (Foto: Pexels.com)
Agar penderita diabetes tipe 2 dapat tetap sehat dalam menjalankan puasa, mereka harus mematuhi tatalaksana diabetes yang terangkum dalam empat pilar pengendalian diabetes. (Foto: Pexels.com)

Pasien Diabetes Tipe 2 Tetap Boleh Berpuasa

Rona puasa diabetes
Raka Lestari • 10 Mei 2019 07:15
Prof. Dr. dr. Sidartawan Soegondo, Sp. PD, KEMD, FINA, seorang dokter spesialis penyakit dalam menjelaskan pada dasarnya, penderita diabetes tipe 2 boleh saja berpuasa. Namun mereka juga harus paham mengenai tantangan dan risiko yang dihadapi selama menjalankannya. 
 

Jakarta:
Banyak tantangan dan risiko yang dihadapi oleh penderita diabetes tipe 2 dalam berpuasa, seperti memburuknya kendali gula darah, hipoglikemia, dan risiko dehidrasi.
 
Saat menahan lapar dan haus dalam berpuasa, penderita diabetes tipe 2 memiliki risiko terjadinya hipoglikemia. Dan ketika berpuasa mereka terpapar risiko meningkatnya kadar gula darah. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Prof. Dr. dr. Sidartawan Soegondo, Sp. PD, KEMD, FINA, seorang dokter spesialis penyakit dalam mengatakan, “Pada dasarnya, penderita diabetes tipe 2 boleh saja berpuasa. Namun mereka juga harus paham mengenai tantangan dan risiko yang dihadapi selama menjalankannya,” katanya dalam acara Media Briefing mengenai diabetes di kawasan Jakarta Pusat, Kamis, 9 Mei 2019. 
 
Ia mengatakan bahwa pasien diabetes tipe 2 diminta untuk tidak mengubah drastis pola makan. Pasien diabetes tipe 2 disarankan untuk mendapatkan asupan karbohidrat kompleks saat sahur dan karbohidrat sederhana saat berbuka. 
 
“Selain itu, mereka juga wajib menghindari makanan siap saji seperti gorengan serta makanan dan minuman bergula serta selalu patuh pada kalori yang boleh dikonsumsi.”  
 
Pasien diabetes tipe 2 dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter agar mengetahui solusi terbaik daei segi pola makan dan pengobatan selama puasa. 
 
Agar penderita diabetes tipe 2 dapat tetap sehat dalam menjalankan puasa, mereka harus mematuhi tatalaksana diabetes yang terangkum dalam empat pilar pengendalian diabetes. 
 
Pasien Diabetes Tipe 2 Tetap Boleh Berpuasa
(Acara Media Briefing mengenai diabetes di kawasan Jakarta Pusat, Kamis, 9 Mei 2019. Foto: Medcom.id/Raka Lestari)

Empat pilar pengendalian diabetes

Lakukan empat pilar pengendali diabetes, antara lain adalah:
 
1. Edukasi
Pemahaman yang menyeluruh mengenai penyakit diabetes. 
 
2. Pengaturan makan 
Atur makanan dengan jumlah yang sudah ditentukan serta menghindari makan berlebihan dan berlemak tinggi. 
 
3. Berkegiatan
Melakukan kegiatan jasmani secara rutin yang dapat dilakukan sehari-hari misalnya berjalan kaki, menggunakan tangga, bersepeda dan berenang. 
 
4. Pengobatan
Terapi farmakologi yang terdiri dari obat oral dan bentuk suntikan. Tujuan tatalaksana pasien diabetes ini adalah membantu menurunkan kadar glukosa darah menjadi normal atau mendekati normal sehingga mencegah terjadinya komplikasi pada pasien.  
 
Hal ini perlu diperhatikan agar meskipun melakukan ibadah puasa selama bulan Ramadan, pasien diabetes tipe 2 tetap merasa nyaman dan tidak malah menurunkan kondisi kesehatan mereka. 
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif