Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki memandu acara debat calon presiden (capres) pada Minggu, 17 Februari 2019. (Foto: Foto: Dok. MI/Rommy Pujianto)
Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki memandu acara debat calon presiden (capres) pada Minggu, 17 Februari 2019. (Foto: Foto: Dok. MI/Rommy Pujianto)

Persiapan Fisik dan Mental Kedua Moderator Saat Debat Capres Kedua

Rona debat capres
Raka Lestari • 18 Februari 2019 18:31
Jakarta: Penampilan Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki sebagai moderator pada debat calon presiden (capres) pada Minggu, 17 Februari 2019 lalu cukup menjadi sorotan.
 
Keduanya bisa dengan kompak memandu jalannya debat antara calon presiden nomor urut 01 yaitu Joko Widodo dengan calon presiden nomor urut 2 yaitu Prabowo Subianto.
 
Menjadi moderator dalam sebuah debat tentu bukanlah hal yang mudah. Ada banyak persiapan yang harus dilakukan oleh keduanya agar bisa tampil dengan kesalahan seminimal mungkin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk persiapan, pastinya melakukan riset, memelajari tema debat, memelajari juga visi dan misi dari masing-masing paslon dan juga melakukan evaluasi terhadap debat-debat yang sudah pernah dilakukan sebelumnya," ujar Anisha Dasuki, salah satu moderator dalam debat capres kepada Medcom.id.
 
Tommy Tjokro, salah satu moderator pada debat kedua capres juga menambahkan bahwa dirinya berusaha untuk bisa saling 'tek-tokan' dengan Anisha.
 
"Dan karena kami berdua satu kantor jadi bisa lebih mudah untuk membangun chemistry," ujar Tommy pada Medcom.id pada Senin, 18 Februari 2019.
 
(Baca juga: Debat Capres Kedua Hambar untuk Isu HAM)
 
Persiapan Fisik dan Mental Kedua Moderator Saat Debat Capres Kedua
(Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki memandu acara debat calon presiden (capres) pada Minggu, 17 Februari 2019. Persiapan Foto: Dok. MI/Rommy Pujianto)
 
Untuk persiapan dari segi fisik, Anisha dan Tommy mengaku melakukan juga persiapan. "Kalau dari segi fisik, saya mengatur pola makan dan berolahraga. Kebetulan saya memang rutin melakukan yoga 1-2 kali seminggu," ujar Anisha.
 
Ia mengaku lebih menjaga makanan dengan tidak makan gorengan dan tidak jajan sembarangan. Sedangkan Tommy mengaku dirinya lebih banyak minum air putih, mengurangi asupan karbohidrat dan memperbanyak olahraga, salah satunya yaitu kick boxing.
 
Ketika ditanya mengenai perasannya saat ditunjuk sebagai moderator debat capres kedua tersebut Anisha mengaku perasaannya campur aduk.
 
"Antara kaget, grogi, sekaligus excited. Takut pasti karena acara sebesar itu cakupannya luas sehingga harus minim kesalahan."
 
Namun menurut Tommy, rasa grogi atau deg-degan sangat penting agar bisa perform dengan maksimal dan baik.
 
"Grogi mungkin lebih deg-degan, dalam arti adrenaline rush juga sehingga perasaan deg-degan ini sangat penting. Selain itu, euforia dari para pendukung kedua paslon juga sangat terasa sehingga ini merupakan pengalaman berharga yang tidak akan terlupakan buat saya."
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi