Seri Perkembangan Janin

Ini Tahapan Minggu ke 10-14 Janin dalam Kandungan Anda

05 Desember 2018 09:52 WIB
kehamilan
Ini Tahapan Minggu ke 10-14 Janin dalam Kandungan Anda
Dalam minggu ke-10 ini semua organ janin terbentuk dan mulai bekerja. Selain itu juga, tunas giginya secara bertahap terbentuk di dalam mulut. (Foto: Eva Dang/Unsplash.com)
Jakarta: Sebelum Anda hamil rahim masih berukuran seperti buah pir kecil. Lalu pada perkembangan si kecil di minggu ke-10 akan jadi sebesar jeruk bali. 

Melansir dari BabyCenter, selama minggu berikutnya jaringan dan organ si kecil akan cepat tumbuh dan matang. Akan tetapi, berat badan Anda akan bertambah selama kehamilan itu pun adalah hal yang wajar.

Dalam minggu ke-10 ini semua organ janin terbentuk dan mulai bekerja. Selain itu juga, tunas giginya secara bertahap terbentuk di dalam mulut. Jika si kecil berjenis kelamin laki-laki testisnya sudah mulai memproduksi hormon testosteron.



(Melansir dari BabyCenter, selama minggu berikutnya jaringan dan organ si kecil akan cepat tumbuh dan matang. Akan tetapi, berat badan Anda akan bertambah selama kehamilan itu pun adalah hal yang wajar. Foto: Omar Lopez/Unsplash.com)

(Baca juga: Ini Tahapan Minggu ke 1-9 Janin dalam Kandungan Anda)

Memasuki minggu ke-12, si kecil telah tumbuh hingga 2,5 inci dan memiliki berat kurang lebih setengah ons dengan ukuran sebesar buah plum. Setelah itu, di sumsum tulang mulai membentuk sel darah dan kelenjar pituitary di otaknya mulai memproduksi.

Anda sekarang mulai memasuki trimester kedua dalam perkembangan si kecil di minggu ke 14 kehamilan. Saat ini si kecil bisa tumbuh lebih cepat atau lebih lambat serta diikuti dengan tumbuhnya rambut kepala, alis, dan rambut halus di seluruh tubuhnya (lanugo).


Maria Fransiska






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id