Penelitian: Kurang Tidur Dapat Membuat Anda Dehidrasi
Tidur yang tidak cukup telah dikaitkan dengan sejumlah penyakit dan kondisi. (Foto: Alexandra Gorn/Unsplash.com)
Jakarta: Sudah banyak yang mengetahui efek negatif dari kurang tidur, mulai dari diabetes hingga hipertensi dan penyakit jantung hingga Alzheimer. Tidur yang tidak cukup telah dikaitkan dengan sejumlah penyakit dan kondisi.  

Tetapi penelitian terbaru menemukan bahwa durasi tidur yang lebih pendek (hanya enam jam atau kurang per malam) mungkin memiliki kemungkinan lebih tinggi mengalami dehidrasi.

Sebaiknya jika Anda kurang tidur bisa mempertimbangkan untuk minum lebih banyak air yang mungkin Anda alami akibat dehidrasi. 


Hasil penelitian tersebut diterbitkan dalam jurnal SLEEP. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengamati para orang dewasa yang berada di Amerika Serikat dan Cina yang hanya tidur selama enam jam. 

Studi ini menemukan bahwa mereka memiliki urine yang lebih terkonsentrasi secara signifikan dan 16-59 persen kemungkinan lebih tinggi untuk tidak cukup terhidrasi dibandingkan dengan orang dewasa yang tidur delapan jam secara teratur di malam hari.


(Tetapi penelitian terbaru menemukan bahwa durasi tidur yang lebih pendek (hanya enam jam atau kurang per malam) mungkin memiliki kemungkinan lebih tinggi mengalami dehidrasi. Foto: Hutomo Abrianto/Unsplash.com)

(Baca juga: Otak Bekerja Lebih Keras saat Tidur Malam)

Penyebabnya terkait dengan cara sistem hormonal tubuh yang mengatur hidrasi. Hormon yang disebut vasopressin dilepaskan untuk membantu mengatur status hidrasi tubuh. Ini dilepaskan sepanjang hari, serta selama jam tidur malam, yang menjadi fokus para peneliti untuk studi ini.

Menurut penulis utama studi tersebut, Asher Rosinger, vasopresin dirilis lebih cepat dan lebih lambat dalam siklus tidur.

Ketika Anda bangun lebih awal, Anda mungkin kehilangan kesempatan di mana hormon tersebut seharusnya lebih banyak dilepaskan, sehingga menyebabkan gangguan dalam hidrasi tubuh.

Dehidrasi berdampak negatif pada banyak sistem dan fungsi tubuh, termasuk kognisi, suasana hati, kinerja fisik, dan lain-lain. Dehidrasi jangka panjang atau kronis dapat menyebabkan masalah yang lebih serius, seperti risiko infeksi saluran kemih dan batu ginjal yang lebih tinggi. 

Beberapa risiko kesehatan lain yang terkait dengan dehidrasi termasuk depresi, tekanan darah tinggi, konstipasi, uremia dan batu empedu.

Ini berarti bahwa jika Anda hanya tidur enam jam setiap malam, hal itu bisa membuat Anda merasa buruk atau lelah pada hari berikutnya, sehingga sebaiknya minum air secara ekstra.






(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id