Peneliti juga menemukan hubungan antara obesitas dan penyusutan di daerah-daerah tertentu di otak. (Foto Ilustrasi: Jesse Orrico/Unsplash.com)
Peneliti juga menemukan hubungan antara obesitas dan penyusutan di daerah-daerah tertentu di otak. (Foto Ilustrasi: Jesse Orrico/Unsplash.com)

Kelebihan Lemak Perut dapat Membuat Otak Mengecil

Rona kesehatan
Torie Natalova • 14 Januari 2019 11:23
Jakarta: Perut buncit akibat lemak berlebih dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit serius, termasuk penyakit jantung dan diabetes. Kini, sebuah studi baru menunjukkan bahwa kelebihan lemak perut dapat berdampak pada otak Anda.
 
Penelitian melakukan riset terhadap 9.652 peserta dengan usia rata-rata 55 tahun dan membandingkan indeksi massa tubuh dengan volume materi abu-abu dan materi putih di otak. Materi abu-abu adalah jaringan gelap di otak dan sumsum tulang belakang yang berisi neuron. Sedangkan materi putih terbuat dari serat saraf yang menghubungkan materi abu-abu.
 
Seiring bertambahnya usia, volume materi abu-abu dan putih di otak berkurang sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit Alzheimer dan demensia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Peneliti menemukan bahwa mereka dengan indikator obesitas tinggi, memiliki volume materi abu-abu yang jauh lebih rendah di otak.
 
Hasilnya menunjukkan bahwa memiliki lingkar pinggang yang besar memengaruhi sistem saraf pusat, meskipun tidak jelas apakah itu disebabkan kelainan pada struktur otak atau obesitas yang menyebabkan perubahan tersebut pada otak.
 
Peneliti juga menemukan hubungan antara obesitas dan penyusutan di daerah-daerah tertentu di otak. Apakah Anda gemuk atau kurus, lemak perut adalah lokasi paling berbahaya untuk menyimpan lemak. Ini karena lemak perut lebih aktif daripada jenis lemak tubuh lainnya dan dapat bersikulasi ke dalam aliran darah, menyebabkan lemak dalam darah Anda naik.
 
Menghilangkan lemak perut membutuhkan kerja keras. Anda harus konsisten mengikuti diet sehat dan olahraga rutin serta belajar mengelola stres juga dapatkan waktu tidur yang berkualitas setiap malam.
 
Cara Cerdas Cegah Obesitas

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif