Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Tips Merawat Kulit Anak saat Pandemi Covid-19

Rona
Raka Lestari • 13 Mei 2020 12:00
Jakarta: Selama masa pandemi covid-19 seperti sekarang, kulit anak-anak sama seperti orang dewasa yang juga tetap harus dijaga. Jika kulit anak tidak dijaga, akibatnya akan mengganggu sawar atau barrier kulit.
 
Dan jika itu terjadi, metabolisme pertahanan kulit akan berkurang. Sehingga menyebabkan virus, bakteri, atau jamur mudah masuk ke dalam tubuh.
 
Menurut dr. Tina Wardhani Wisesa, Sp.KK (K), FINSDV, FAADV, ada tiga langkah yang harus dilakukan dalam melakukan perawatan kulit anak. Yakni membersihkan, melembapkan, dan melindungi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Pada proses pembersihan, dapat dilakukan dengan mandi menggunakan sabun dan suhu air yang tidak terlalu panas ketika memandikan anak, mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir, ketika anak sudah selesai dan bersentuhan dengan mainan. Kalau perlu, mainan yang akan dimainkan anak dicuci terlebih dahulu,” kata dr. Tina, dalam acara Undangan Diskusi Online NOROID.
 
Selanjutnya, pada proses melembapkan, orang tua dapat memberikan pelembap pada seluruh tubuh anak. Termasuk tangan dan kaki anak setelah mereka selesai mandi dengan sabun.
 
“Pelembap yang bisa diberikan ke anak selesai mereka mandi adalah pelembap jenis lotion,” ujar dr. Tina.
 
“Setelah mencuci tangan dengan sabun, orang tua dapat memberikan pelembap pada tangan anak agar kulit tidak kering. Tidak perlu diberikan kembali hand sanitizer, kecuali jika anak sedang dibawa keluar rumah bisa menggunakan hand sanitizer kemugian dioleskan pelembap jenis krim,” tutur dr. tina.
 
Menurut Dokter spesialis kulit – Dermatologi kosmetik, dr. Lilik Norawati, Sp.KK, FINSDV, FAADV, saat ini ada beberapa pelembap khusus yang dapat memperbaiki barrier kulit yang rusak, karena tidak semua pelembap dapat memperbaiki kulit yang rusak.
 
“Contoh pelembap yang dapat memperbaiki barrier kulit adalah pelembap dengan kandungan pseudo-ceramide. Kandungan ini mempunyai kemampuan untuk memproteksi kulit dan membantu memperbaiki barrier kulit yang rusak akibat cuci tangan yang sering,” ujar dr. Lilik.
 
Pengaplikasian pelembap yang cukup sering ini menurut dr. Lilik adalah, hal yang penting bagi mereka yang memiliki kulit kering dan juga mencegah terjadinya kekeringan pada kulit.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif