Studi terbaru memprediksi bahwa pembesaran pada ventrikel kanan pada jantung merupakan salah satu kemungkinan penyebab utama kematian pada pasien yang terinfeksi covid-19. (Ilustrasi/Pexels)
Studi terbaru memprediksi bahwa pembesaran pada ventrikel kanan pada jantung merupakan salah satu kemungkinan penyebab utama kematian pada pasien yang terinfeksi covid-19. (Ilustrasi/Pexels)

Studi Terbaru Mengenai Penyebab Kematian Pada Pasien Covid-19

Rona Virus Korona virus corona covid-19 Pasien Covid-19
Raka Lestari • 22 Mei 2020 14:05
Jakarta: Studi terbaru memprediksi bahwa pembesaran pada ventrikel kanan pada jantung merupakan salah satu kemungkinan penyebab utama kematian pada pasien yang terinfeksi covid-19. Pembesaran ventrikel kanan yang parah tersebut kemungkinan bisa menyebabkan kematian.
 
Dilansir dari CNN, satu tim doktor dari Icahn School of Medicine di Mount Sinai Hospital meninjau catatan kesehatan dari 105 pasien covid-19 yang dirawat di Mount Sinai Morningside, New York pada rentang waktu 26 Maret sampai 22 April.
 
Dari 105 pasien dalam penelitian tersebut, 32 diantaranya atau sekitar 31 persen diantaranya mengalami pelebaran ventrikel kanan melalui pemeriksaan ekokardiogram, atau ultrasound jantung. Dari jumlah tersebut, 41 persen pasien meninggal pada akhir periode penelitian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pembesaran ventrikel kanan ini merupakan satu-satunya variabel yang secara signifikan terkait dengan kematian pada kelompok pasien yang terinfeksi covid-19, berdasarkan penelitian yang akan dipublikasikan dalam Journal of American College of Cardiology.
 
"Studi ini memberikan bukti penting yang menghubungkan antara peregangan pada jantung bagian kanan tersebut dengan hasil buruk pada pasien rawat inap yang terinfeksi covid-19,” kata Dr Edgar Argulian, asisten profesor kedokteran dan penulis utama studi ini. "Dokter dapat menggunakan ekokardiografi untuk mengidentifikasi pasien covid-19 untuk mengetahui hasilnya,” tambah Dr Argulian.
 
Studi ini bukan satu-satunya penelitian yang menghubungkan antara covid-19 dengan pembesaran ventrikel kanan. Dikutip dari CNN, serangkaian kasus di New England Journal of Medicine menemukan bahwa lima pasien covid-19 yang sakit kritis mengalami pembesaran ventrikel kanan.
 
Pembesaran ventrikel kanan dapat disebabkan oleh penyumbatan aliran darah di paru-paru karena pembekuan darah atau kerusakan jaringan paru-paru. Kerusakan langsung pada jaringan jantung oleh covid-19 dapat menjadi faktor penyebab kematian pada pasien.
 
Menurut American Heart Association, virus korona sebelumnya ditemukan dapat menyerang jaringan jantung karena sel-sel otot jantung memiliki banyak reseptor ACE-2 yang merupakan pintu utama masuknya virus korona ke dalam tubuh.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif