Cara Penanganan Cedera yang Tepat Akibat Olahraga
Berolahraga juga bukan berarti tidak memiliki risiko, olahraga dapat menimbulkan risiko cedera khususnya pada bahu, tangan, dan kaki terlebih jika tidak dilakukan dengan benar. (Foto: Victor Freitas/Unsplash.com)
Jakarta: Olahraga sudah menjadi salah satu kebutuhan untuk memenuhi gaya hidup yang sehat. Hal ini tidak terlepas dari keinginan masyarakat untuk menjaga kebugaran tubuh.

Namun berolahraga juga bukan berarti tidak memiliki risiko, olahraga dapat menimbulkan risiko cedera khususnya pada bahu, tangan, dan kaki terlebih jika tidak dilakukan dengan benar.

“Olahraga penting dilakukan sebagai salah satu cara menjaga kesehatan tubuh. Namun, jika tidak dilakukan dengan benar ataupun pemanasan yang memadai, olahraga bisa memiliki risiko cedera dan dapat menimbulkan efek jangka panjang jika tidak ditangani dengan segera dan tepat,” ujar Chief Executuve Officer RS Pondok Indah Group, dr. Yanwar Hadiyanto, MARS, pada acara konferensi pers mengenai cedera pada bahu, tangan, dan kaki akibat olahraga di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Senin 21 Mei 2018 lalu.



(Penanganan cedera akibat olahraga yang tepat dan cepat sangat penting untuk meminimalkan risiko jangka panjang yang ditimbulkan. Foto: Victor Freitas/Unsplash.com)

(Baca juga: Cegah Cedera, Lakukan Ini Sebelum Menggunakan Treadmill)

Cedera olahraga dapat terjadi pada siapa saja, termasuk pria, wanita, anak-anak, juga orang dewasa, baik atlet profesional ataupun orang awam (recreational athlete). 

“Penanganan cedera akibat olahraga yang tepat dan cepat sangat penting untuk meminimalkan risiko jangka panjang yang ditimbulkan. Untuk itu, perlu dilakukan berbagai upaya diagnosa, salah satunya dengan pemanfaatan teknologi medis modern seperti CT Scab atau MRI. 

"Diagnosisi ini perlu dilakukan untuk mengetahui lokasi serta mengidentifikasi cedera yang terjadi dengan lebih akurat sebagai tahapan awal untuk menentukan langkah penanganan yang tepat selanjutnya,” ujar dr. Iman Widya Aminata, Sp. OT, Dokter Spesialis Bedah Ortopedi yang berpraktik di RS Pondok Indah dan RS Pondok Indah, Bintaro Jaya.





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id