Cara Mengetahui Posisi Janin Sungsang dari Gerakannya

Pelangi Karismakristi 13 Juli 2018 14:17 WIB
kehamilan
Cara Mengetahui Posisi Janin Sungsang dari Gerakannya
Apakah tanpa USG Anda juga bisa mengetahui letak janin bayi yang sungsang? Berikut penjelasannya. (Foto: Freestocks.org/Unsplash.com)
Jakarta: Ibu hamil biasanya akan melakukan USG untuk mencari tahu posisi janinnya. Tapi apakah tanpa USG Anda juga bisa mengetahui letaknya?

Ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek di mana posisi jabang bayi. Berikut ini ada beberapa ciri khas dari posisi yang berbeda seperti dilansir dari Baby Center.

(Baca juga: Perbaiki Posisi Bayi Sungsang dengan Lima Cara Ini)


1. Kepala di bawah
Bila Anda memiliki benjolan di kiri atau kanan atas perut, coba tekan dengan lembut. Jika Anda merasakan seluruh tubuh bayi bergerak, tandanya ia dalam posisi kepala ke bawah. Anda mungkin juga akan merasakan cegukan di bawah pusar.

Pergerakan lain juga bisa Anda rasakan, yakni ketika posisi bayi di bawah dan menghadap ke arah mana. 

- Posisi anterior (kepala di bawah, punggung menghadap perut ibu) 
Jika bayi dalam posisi ini, Anda akan merasakan gerakan di bawah tulang rusuk. Pusar pun juga bisa berubah mengarah keluar.

- Posisi posterior (kepala di bawah, posisi punggugnya melawan punggung ibu) 
Saat dia dalam posisi ini, biasanya Anda akan merasakan tendangan tepat di depan perut, umumnya di bagian tengah. Anda mungkin juga memerhatikan bahwa perut Anda nampak seperti rata.


(Bila Anda memiliki benjolan di kiri atau kanan atas perut, coba tekan dengan lembut. Jika Anda merasakan seluruh tubuh bayi bergerak, tandanya ia dalam posisi kepala ke bawah. Anda mungkin juga akan merasakan cegukan di bawah pusar. Foto: Wes Hicks/Unsplash.com)

2. Sungsang
Jika bayi Anda sungsang, apa yang Anda rasakan akan bergantung pada di mana letak kakinya, serta apakah ia di posterior atau interior.

Apabila telapak kakinya berasa di dekat telinga, Anda bisa merasakan tendangannya di tulang rusuk. Tapi jika ia duduk dalam posisi bersila, tendangannya cenderung lebih rendah atau di bawah pusar.

Anda mungkin juga bisa merasakan benjolan bulat yang keras di bawah tulang rusuk. Ini adalah kepala bayi Anda, dan sering membuat bumil merasa tak nyaman.

Posisi bayi masih bisa berubah-ubah selama trimester kedua. Jika menjelang kelahiran ia masih sungsang, biasanya dokter kandungan akan menawarkan metode External Cephalic Version (ECV), di mana dokter akan mencoba mengubah posisi bayi secara hati-hati dari bagian luar.






(TIN)