Lima Tips untuk Pekerja Malam Agar Tetap Sehat
Lima Tips untuk Pekerja Malam Agar Tetap Sehat (Foto: gettyimages)
Jakarta: Memiliki jam kerja yang tak biasa, bukan tak mungkin para pekerja malam kurang menjaga kesehatan tubuh. Padahal, keseimbangan hidup penting.

Bagi Anda yang bekerja di malam hari, cobalah lakukan beberapa kebiasaan sehat berikut agar lebih seimbang dalam hidup.

1. Konsumsi makanan sehat
Jika Anda terbiasa minum kopi atau teh selama jam kerja, cobalah ganti dengan air putih atau jus buah. Saat lapar, persiapkan camilan sehat seperti kacang, almond, atau buah. Dengan demikian, Anda cenderung tak makan berlebihan dan berat badan lebih terjaga.


2. Makan tepat waktu
Aturlah jadwal makan, jangan makan setiap lapar. Cobalah masukkan menu sayuran saat makan malam agar terhindar dari keasaman. Selain itu, hindari makanan berminyak saat bekerja.

3. Tidur cukup
Untuk mengatasi masalah tidur karena jam kerja tak wajar, jauhkan gangguan seperti sinar gawai atau suara bising dan buatlah pencahayaan lebih redup.

4. Pijat rambut
Kesehatan rambut tak boleh dilupakan karena salah satu pertanda tubuh tak sehat terlihat dari bagian tubuh satu ini. Untuk mengontrol rambut rontok, cobalah rutin menggunakan minyak rambut dan pijat bagian kulit kepala.

5. Pijat tubuh
Seminggu sekali, cobalah terapi uap atau pijat tubuh untuk membantu menghilangkan nyeri punggung dan memperlancar sirkulasi darah.

 



(ELG)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id