Dampak minuman alkohol pada ibu hamil antara lain, kelahiran cacat, lahir dengan masalah jantung atau ginjal. (Foto: Pexels.com)
Dampak minuman alkohol pada ibu hamil antara lain, kelahiran cacat, lahir dengan masalah jantung atau ginjal. (Foto: Pexels.com)

Efek Alkohol pada Janin yang Harus Anda Ketahui

Rona kehamilan
Sunnaholomi Halakrispen • 25 April 2019 06:00
Minuman minuman beralkohol tentu saja tak baik bagi ibu hamil. Dampak minuman alkohol pada ibu hamil antara lain, kelahiran cacat, lahir dengan masalah jantung atau ginjal. Beberapa lainnya mungkin mengalami kesulitan pada penglihatan, pendengaran, atau masalah kesehatan lainnya.
 

 
Jakarta:
Alkohol dan kehamilan sama sekali tidak baik untuk berdampingan. Mungkin Anda sudah mengetahui hal tersebut. Pada kenyataannya, saat Anda minum, alkohol melewati tali pusar dan plasenta ke bayi Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bisa dikatakan bahwa bayi Anda juga minum minuman yang sama dengan Anda. Maka demikian, alkohol dapat memengaruhi otak dan organ-organ lainnya dalam tubuh Anda.
 
Juga dapat menyebabkan masalah serius lainnya, termasuk rentan kehilangan bayi selama beberapa bulan awal kehamilan. Mungkin Anda mengantisipasi gangguan pada janin dengan melakukan persalinan prematur.
 
Akan tetapi, perlu diingat bahwa bayi prematur dapat memiliki banyak masalah kesehatan. Yang paling sering, masalah pernapasan dan masalah lain yang berhubungan dengan paru-paru.
 
Dampak lainnya, kelahiran cacat pada bayi Anda. Beberapa bayi dilahirkan dengan masalah jantung atau ginjal. Beberapa lainnya mungkin mengalami kesulitan pada penglihatan, pendengaran, atau masalah kesehatan lainnya.
 
(Baca juga: Ini yang Terjadi Saat Anda Mabuk)
 
Efek Alkohol pada Janin yang Harus Anda Ketahui
(Bisa dikatakan bahwa bayi Anda juga minum minuman yang sama dengan Anda. Maka demikian, alkohol dapat memengaruhi otak dan organ-organ lainnya dalam tubuh Anda. Foto: Pexels.com)
 
Selain itu, berisiko gangguan spektrum alkohol janin (FASD). Ini dapat memengaruhi cara bayi Anda melihat, berpikir, dan belajar. Bahkan, kecacatan mental dan perkembangan yang biasanya berlangsung seumur hidup.
 
Kondisi fisik bayi Anda bisa lebih kecil, lebih pendek, dan beratnya kurang dari normal. Kemudian, memiliki kulit yang halus di antara hidung dan bibir atas, serta memiliki memori yang buruk.
 
Dalam perkembangannya, anak Anda berisiko memiliki ketidakmampuan belajar. Mungkin terkadang terlihat hiperaktif, namun sulit memerhatikan suatu hal atau berkomunikasi dengan orang lain.
 
Berdasarkan deretan ulasan efek buruk alkohol pada janin, sebaiknya Anda berhenti mengonsumsi alkohol ketika Anda hamil. Jika Anda belum bisa berhenti mengonsumsinya, pikirkan baik-baik tentang kehamilan.
 
Untuk pasangan suami-istri yang ingin tetap berhubungan intim tetapi belum siap hamil karena alkohol, pakailah alat kontrasepsi, untuk berjaga-jaga jika Anda hamil.
 
Memang ada beberapa wanita mengonsumsi alkohol selama kehamilan mereka dan melahirkan bayi yang sehat. Tetapi satu-satunya cara agar Anda dapat menjaga keamanan bayi Anda dari masalah yang disebabkan alkohol, hanyalah dengan menjauhi minuman itu.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif