Membaca buku bisa menjadi obat saat Anda merasa kesepian. (Foto: Pexels.com)
Membaca buku bisa menjadi obat saat Anda merasa kesepian. (Foto: Pexels.com)

Hal-hal yang Bisa Anda Lakukan ketika Kesepian

Rona psikologi
Kumara Anggita • 09 Mei 2019 08:00
Kesepain adalah perasaan sunyi (tidak berteman dan sebagainya). Membunuh kesepian tidak harus mengandalkan sesama manusia semata. Anda bisa bermain dengan peliharaan Anda, makan makanan yang menenangkan, membaca buku, nonton TV atau bahkan jalan-jalan keluar. 
 

Jakarta: Perasaan kesepian muncul di mana saja. Ini bisa Anda rasakan di rumah, kantor, sekolah, mal, atau di mana saja. Ini terjadi bukan karena secara fisik Anda sendiri namun lebih pada tidak ada orang yang paham atau mendengarkan Anda.
Jika dibiarkan terus-menerus akan memengaruhi kesehatan mental Anda yang akan berdampak pada aktivitas sehari-hari. Karena itu, cobalah hal-hal ini ketika Anda merasa kesepian.
 
Berikut Hal-hal yang bisa Anda lakukan ketika kesepian melanda seperti dilansir dari Psychology Today.

1. Jangan menyalahkan diri

Menyalahkan diri sendiri atas apa yang Anda rasakan akan memperburuk keadaan. Ini bukanlah kesalahan Anda.

2. Cari teman yang bukan manusia

Membunuh kesepian tidak harus mengandalkan sesama manusia semata. Anda bisa bermain dengan peliharaan Anda, makan makanan yang menenangkan, membaca buku, nonton TV atau bahkan jalan-jalan keluar. Cobalah segala hal dan lihat apa yang membantu Anda merasa lebih baik.

3. Bermain dengan teman

Pikirkan seseorang yang mendukung atau selalu membuat Anda tertawa saat Anda merasa kesepian. Anda bisa hubungi mereka. Namun ini bisa sangat membantu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal-hal yang Bisa Anda Lakukan ketika Kesepian
(Lakukan sesuatu seperti berjalan-jalan atau membaca buku agar Anda tak merasa kesepian. Foto: Pexels.com)

4. Lakukan sesuatu yang kreatif

Anda tidak perlu menghasilkan mahakarya yang akan dipajang di museum. Lakukanlah hal-hal simpel seperti mewarnai, main teka-teki gambar, mejahit atau apapun itu yang senang Anda coba.

5. Bayangkan tempat-tempat yang Anda inginkan

Ini bisa pantai, konser, acara olahraga atau jalan-jalan ke luar negeri. Walaupun hanya sesaat, Anda bisa merasa bahagia. Bayangkan Anda bersama dengan orang-orang yang Anda sayangi nanti.

6. Ingatkan diri bahwa hidup tidak selalu menyenangkan

Tidak ada orang yang mendapatkan apapun yang dia mau setiap saat. Marilah hadapi kenyataan bahwa hidup tak selalu menyenangkan. Intinya adalah bahwa kesepian adalah salah satu momen yang tidak menyenangkan dalam hidup Anda. 
 
Jika Anda bisa bersabar dengan kesepian Anda, kemungkinan besok, itu akan sedikit berkurang. Kemudian, keesokan harinya, kemungkinan akan lebih mereda. Semua emosi tidak kekal. Mereka muncul dan berlalu.

7. Menyanyi

Hampir tidak mungkin Anda merasa kesepian ketika sedang bernyanyi. menyanyikan lagu favorit Anda akan menemani hari-hari Anda. Enam hal tersebut dapat Anda terapkan saat kesepian menyerang Anda. Gunakan waktu kesepian itu untuk hal-hal yang menyenangkan dan produktif.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif