Penelitian tambahan menunjukkan bahwa, persepsi rasa juga selera, bisa dipengaruhi oleh lingkungan dengan suara latar yang keras. (Foto: Pixabay.com)
Penelitian tambahan menunjukkan bahwa, persepsi rasa juga selera, bisa dipengaruhi oleh lingkungan dengan suara latar yang keras. (Foto: Pixabay.com)

Kenapa Makanan Berbeda Rasa Ketika Dicicipi di atas Pesawat?

Rona penelitian kesehatan
Dhaifurrakhman Abas • 25 Januari 2019 12:57
Jakarta: Pernahkah Anda sadar ada perbedaan rasa ketika Anda mencicipi makanan favorit dari atas pesawat? Apalagi ketika berada di ketinggian 30 ribu kaki.
 
Ternyata terbang di batas ketinggian memiliki efek yang sangat nyata pada aroma serta rasa makanan dan minuman. Hal ini diungkapkan Herbert Stone, ahli nutrisi yang bekerja pada pengaturan makanan untuk Misi Apollo Moon.
 
Stone mengatakan bahwa perubahan rasa dan aroma makanan tersebut disebabkan oleh temperatur dingin. Hal ini juga berlaku ketika Anda mencicipi makanan dan minuman yang didinginkan di kulkas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ingat juga, bahwa rasa dan bau tidak dapat dipisahkan. Jadi apa yang memengaruhi indra penciuman Anda akan memengaruhi rasa makanan," kata Stone, dinukil CNN.
 
Selain itu, kata Stone, kabin pesawat memiliki tekanan yang mampu menurunkan kadar oksigen dalam darah. Hal ini memicu penurunan kemampuan reseptor indra penciuman.
 
Kenapa Makanan Berbeda Rasa Ketika Dicicipi di atas Pesawat?
(Penelitian tambahan menunjukkan bahwa, persepsi rasa juga selera bisa dipengaruhi oleh lingkungan dengan suara latar yang keras. Foto: Courtesy of Travelandleisure.com)
 
(Baca juga: Manfaat Mengunyah Permen Saat Pesawat Lepas Landas)
 
"Dan udara kabin pesawat yang bersirkulasi terus menerus dan super kering membuatn kelembapan rata-rata 12 persen, lebih rendah dari Gurun Sahara. Secara langsung memengaruhi hidung," ujarnya
 
Gerakan kelembapan dan udara rendah akan mengeringkan saluran hidung yang dapat mengurangi aroma dan kepekaan terhadap rasa. Stone juga berpendapat bahwa suara dengung mesin pesawat yang melengking juga memengaruhi bagaimana manusia merasakan makanan.
 
"Penelitian tambahan menunjukkan bahwa, persepsi rasa juga selera, bisa dipengaruhi oleh lingkungan dengan suara latar yang keras," ungkapnya.
 
Perbedaan rasa ketika mencicipi makanan dari atas pesawat juga dibenarkan Antonio Fernandez. Wakil Presiden senior untuk produk dalam pesawat AeroMexico ini memperkirakan manusia bakal kehilangan 70 persen kemampuan indra perasa saat berada di atas udara.
 
"Di udara Anda kehilangan hampir 70 persen indra perasa Anda. Maka bukan kejutan besar bahwa macaron karamel asin yang biasa kita cicipi mendadak berubah rasa," tandasnya.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi