Beberapa Kesalahan Saat Wanita Sedang Haid
Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat wanita sedang haid. (Foto: Anabel F Zamora/Unsplash.com)
Jakarta: Selama hidupnya, rata-rata wanita akan mengalami 480 kali siklus menstruasi dalam hidupnya. Dan ternyata, hal tersebut tidaklah selalu berjalan dengan lancar. 

Salah satunya adalah yang berhubungan dengan alat bantu menstruasi. Alat bantu menstruasi sendiri ada banyak jenisnya, mulai dari pembalut, tampon, dan juga menstrual cup. 

"Rata-rata wanita menggunakan sekitar 10.000 pembalut atau tampon di masa hidupnya," Dr Julie Lamb, MD, ahli endokrinologi reproduksi dan infertilitas di Pacific NW Fertility di Seattle. 


Dan beberapa wanita mungkin pernah membuat kesalahan berkaitan dengan pemilihan alat bantu menstruasi tersebut. Dikutip dari Bustle, berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan: 

1. Tidak menggantinya dalam waktu lama
"Disarankan untuk mengganti pembalut Anda setidaknya setiap empat hingga delapan jam untuk meminimalkan risiko mengalami Toxic Shock Syndrome (TSS) kata Dr Lamb," kata Dr Lamb.

Menurut Mayo Clinic, TSS adalah infeksi bakteri langka yang berpotensi mengancam nyawa. Gejala TSS diantaranya adalah demam, kebingungan, dan sakit kepala. 

"Membiarkan pembalut Anda terlalu lama dapat mendorong bakteri berbahaya untuk tumbuh, jadi memperbaiki cara penggunaan tampon atau pembalut Anda sangat penting untuk menurunkan risiko TSS dan infeksi lainnya," saran Dr Lamb.


(Olahraga dapat membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi rasa sakit selama menstruasi Anda. Foto: Emma Simpson/Unsplash.com)

(Baca juga: Dampak Diet Keto bagi Siklus Menstruasi)

2. Menggunakan pembalut dengan lapisan sintesis
"Hindari memakai pembalut dengan lapisan berbahan sintetis, dan gunakan pembalut berbahan katun alami untuk menghindari potensi iritasi kulit, ruam, dan reaksi alergi," kata Dr Adeeti Gupta, pendiri Walk In GYN Care. 

3. Menggunakan pembalut atau tampon yang memiliki wangi
Dr Gupta juga mencatat bahwa menggunakan tampon dan pembalut yang beraroma adalah kesalahan ketika menstruasi yang cukup fatal dalam hal kebersihan. 
Emma Simpson

Dr Gupta mengatakan hal ini dikarenakan pembalut atau tampon yang mengandung wewangian dapat menyebabkan iritasi, dan bahkan reaksi alergi yang parah pada beberapa orang.

4. Tidak berolahraga ketika menstruasi
"Kesalahan paling umum yang saya lihat adalah menghentikan olahraga rutin Anda selama menstruasi," kata Dr Lamb. Asupan endorphin yang dapat membantu pelepasan stres yang dihasilkan dari olahraga dapat membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi rasa sakit selama menstruasi Anda. 





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id