Inilah Tahapan Perkembangan Janin dalam Kandungan
Dilansir dari BabyCenter, sebuah petunjuk ini bisa membantu Anda untuk mengetahui perkembangan janin Anda yang ada di dalam kandungan. (Foto: Vitor Pinto/Unsplash.com)
Jakarta: Setiap ibu hamil tentunya ingin mengetahui perkembangan janin yang sedang dikandungnya dari mingu ke minggu. Mengetahui apa yang terjadi di dalam rahim sangatlah menyenangkan. Apalagi ketika si bayi sudah mulai menendang atau bergerak, pastinya naluri dan perasaan seorang ibu bergejolak luar biasa.

Dan dilansir dari BabyCenter, sebuah petunjuk ini bisa membantu Anda untuk mengetahui perkembangan janin Anda yang ada di dalam kandungan. Mari simak perkembangan si kecil yang tergambar besarnya seperti dianalogikan (diumpamakan) dengan buah atau sayur seperti di bawah ini.


(Di minggu keempat si kecil terumpamakan baru sebesar biji kaskas. Foto: Mike Kenneally/Unsplash.com)


1. Trimester 1 (1-3 bulan/4 minggu - 12 minggu)

Minggu ke-4: Bayi berukuran sebesar biji poppy (biji kaskas)
Kehamilan Anda dapat terdeteksi dalam seminggu atau lebih dengan tes kehamilan di rumah. Di minggu keempat si kecil terumpamakan baru sebesar biji kaskas (yang biasa Anda lihat di atas roti bagel yang ditaburi biji-bijian berwarna hitam).

Minggu ke-8: Bayi Anda seukuran kacang merah
Kehamilan Anda berukuran sekitar 1/2 inci panjang dan terus bergerak.

Minggu ke-12: Bayi Anda seukuran jeruk nipis
Bayi Anda yang berukuran limau sekarang beratnya berkisar 1/2 ons dan panjangnya sekitar dari 2 inci dari kepala ke bawah.

(Baca juga: Fakta Mengejutkan Tentang Kehamilan)


(Mingu ke-16 si kecil baru seukuran buah alpukat. Foto: Nur Afni Setiyaningrum/Unsplash.com)

2. Trimester 2 (4-6 bulan/13 minggu - 24 minggu)

Mingu ke-16:  Bayi Anda seukuran buah alpukat
Bayi Anda memiliki berat kira-kira 3 1/2 ons dan 4 1/2 inci panjang dari kepala ke bawah.

Minggu ke-20: Bayi Anda seukuran pisang
Anda melihat dua pengukuran panjang minggu ini, itu karena kaki si kecil meringkuk ke tubuh selama kehamilan. Dengan berukuran sekitar 6 1/2 inci dari kepala ke bawah atau 10 inci dari kepala ke tumit, dan berat sekitar 10 1/2 ons.

Minggu ke-24: Bayi Anda hampir sepanjang jagung beserta dengan serabutnya
Bayi Anda hampir satu kaki (30,48 cm) panjang dari kepala ke tumit dan telah memperoleh sekitar 1/4 pon (566 gr) sejak minggu lalu.


(Minggu ke-39 bayi Anda seumpama besarnya ukuran semangka mini. Foto: Courtesy of Babycenter)

3. Trimester 3 (7-9 bulan/ 25 minggu - 36 minggu atau lebih)

Minggu ke-28: Bayi Anda seukuran terong besar
Bayi Anda memiliki berat sekitar 2 1/4 pon (kurang lebih 1 kg, 20 ons), hampir 15 inci panjangnya, dan dapat mengedipkan matanya.

Minggu ke-32: Bayi Anda seukuran jicama (bangkuang besar)
Dalam minggu ini si kecil mengambil lebih banyak ruang di rahim Anda, dengan berat sekitar 3 3/4 pound (kurang lebih 1,7 kg) dan berukuran 16 3/4 inci dari kepala hingga tumit.

Minggu ke-36: Ukuran bayi Anda hampir sebesar kepala selada romaine
Kehamilan Anda yang tidak terlalu kecil sekarang berukuran sekitar 18 1/2 inci dari kepala hingga tumit dan beratnya hampir 6 pon (kurang lebih 2,7 kg). Dan menurut para ahli dari BabyCenter besar dan berat bayi masih bisa bertambah lagi.

Minggu ke-39: Bayi Anda seukuran semangka mini
Bayi Anda sekarang memiliki berat sekitar 7 pon (kurang lebih 3 kg 175 gr) dan kira-kira 20 inci panjang dari kepala hingga tumit.


Maria Fransiska





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id