Alasan Sulit Menghindari Makanan Manis
Menurut penelitian baru, kendali diri akan makanan manis merosot sehari setelah kurang tidur di malam hari. (Foto: Mihai Stefan/Unsplash.com)
Jakarta: Tanpa disadari, Anda mungkin memiliki pola di mana hari-hari Anda tidak dapat mengendalikan keinginan untuk makanan manis. Menurut penelitian baru, kendali diri akan makanan manis merosot sehari setelah kurang tidur di malam hari.

Dalam sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam Personality and Social Psychology Bulletin, para peneliti melakukan survei terhadap 211 mahasiswa perguruan tinggi terkait waktu tidur, aktivitas sehari-hari, dan seberapa stres mereka sehari-hari.

Peneliti menemukan bahwa setelah kurang tidur dari malam biasanya, mereka melaporkan mengalami kesulitan mengendalikan diri yang lebih besar daripada biasanya.


Ini bisa disebabkan karena kekurangan waktu tidur membuat hari-hari Anda lebih stres daripada biasanya, yang kemudian meningkatkan kesulitan pengendalian diri, termasuk dalam hal makanan.

(Baca juga: Enam Cara Membatasi Konsumsi Makanan Manis)


(Jika Anda sedang diet dan mencoba menahan godaan dari makanan yang manis, pastikan Anda cukup tidur di malam hari. Foto: Thomas Kelley/Unsplash.com)

Pada dasarnya, di samping sulit tidur itu sudah dapat melemahkan tekad Anda, kendali diri Anda juga semakin menurun karena stres yang disebabkan oleh kelelahan, sehingga membuatnya semakin sulit untuk mengatakan tidak pada pilihan Anda.

Jika Anda sedang diet dan mencoba menahan godaan dari makanan yang manis, pastikan Anda cukup tidur di malam hari. Waktu tidur yang normal 7-8 jam semalam, untuk mengurangi stres dan meningkatkan pengendalian diri dari keinginan untuk makan makanan manis.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kesulitan tidur atau insomnia menurut para ahli. Matikan semua sumber cahaya biru yang berasal dari gawai Anda, satu jam sebelum tidur, hangatkan ruangan dan hindari kafein setelah siang hari.





(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id