Bagian tubuh seperti dahi, tangan atau mata adalah bagian tubuh yang terlihat paling mudah menua. (Foto: Pexels.com)
Bagian tubuh seperti dahi, tangan atau mata adalah bagian tubuh yang terlihat paling mudah menua. (Foto: Pexels.com)

Tujuh Bagian Tubuh yang Duluan Menua

Rona kesehatan kulit
Anda Nurlaila • 25 Februari 2019 18:06
Bagian tubuh seperti dahi, tangan atau mata adalah bagian tubuh yang terlihat paling mudah menua. Ekspresi mengerutkan dahi membuat bagian wajah ini salah satu yang pertama mengalami penuaan.
 
Jakarta:
Meskipun sesuatu yang pasti, penuaan menjadi salah satu momok menakutkan bagi sebagian orang, termasuk wanita. Berbagai produk perawatan dan kosmetik pun laris untuk menangkal kerut-kerut halus.
 
Kosmetik dan perawatan dapat memperlambat penuaan, tapi tidak dapat menghentikannya. Genetika, hormon, paparan sinar matahari selama bertahun-tahun serta penggunaan kosmetik yang tidak sesuai memengaruhi penuaan tubuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


RD menyebut ada beberapa organ yang mengalami tanda-tanda penuaan lebih cepat dibanding bagian tubuh lainnya. Berikut ini tujuh di antaranya:
 
1. Tangan
 
Terutama pada wanita, tangan adalah salah satu bagian tubuh pertama yang mengalami penuaan. Dokter kulit Kally Papantoniou mengatakan perubahan hormon mengurangi elastisitas kulit dan menimbulkan kerutan di punggung tangan.
 
"Selain penampilan garis halus, vena juga menonjol. Bintik-bintik penuaan akibat paparan sinar matahari akan mempercepat kesan tubuh menua. Bagian ini salah satu bagian tubuh yang paling terlihat menua,"  katanya. Oleskan tabir surya, gunakan baju lengan panjang dan sarung tangan untuk menghalangi sinar UV yang berbahaya.
 
Tujuh Bagian Tubuh yang Duluan Menua
(Profesor Dermatologi Universitas Stanford Anthony Oro kepada Good Housekeeping mengatakan, uban cenderung lebih tipis dari helai rambut lainnya. Namun uban terasa lebih tebal karena kulit kepala menghasilkan lebih sedikit minyak sehingga rambut lebih kering. Foto: Pexels.com)
 
2. Mata
 
"Garis tawa"  terjadi akibat kulit di sekitar mata lebih tipis dan lebih mudah mengerut. Kebiasaan yang berulang seperti menyipitkan mata, tersenyum, dan akibat paparan sinar matahari mempercepat garis-garis halus di seputar mata.  
 
Kebanyakan tabir surya tidak dapat diaplikasikan di area sekitar mata. Demi mencegah penuaan dini, pakai kacamata hitam jika berada di luar ruangan yang penuh cahaya matahari. Kacamata akan menghalangi sinar UV sekaligus mencegah Anda menyipitkan mata.
 
(Baca juga: Tetap Awet Muda Tanpa Operasi Plastik)
 
3. Bibir
 
Garis-garis halus di sekitar bibir timbul sering bersamaan dengan kerutan di sekitar mata dan dahi. Paparan sinar matahari mempercepat penuaan, begitu juga kebiasaan mengerucutkan bibir. Jadi, hindari minum dari sedotan dan botol air lebih baik gunakan gelas.
 
4. Dahi
 
Ekspresi mengerutkan dahi membuat bagian wajah ini salah satu yang pertama mengalami penuaan. Produk perawatan yang mengandung retinol membantu meningkatkan kolagen untuk mengurangi keriput. Di samping itu retinol mengelupas kulit mati dan menjadikannya lebih cerah dan lembut. Dan dapat membantu bagian tubuh ini agar tak terlalu terlihat menua.
 
5. Leher
 
Banyak wanita yang rajin mengaplikasikan pelembap di wajah, namun melupakan area leher. Bahkan, mengoles tabir surya di leher juga tak mencegah tanda penuaan atau sering disebut "leher kalkun". Hal ini  karena seiring bertambahnya usia, kulit kehilangan volume dan elastisitas. Perawatan non-invasif untuk mengencangkan kulit leher biasanya menggunakan gelombang ultra.
 
Tujuh Bagian Tubuh yang Duluan Menua
("Garis tawa" terjadi akibat kulit di sekitar mata lebih tipis dan lebih mudah mengerut. Kebiasaan yang berulang seperti menyipitkan mata, tersenyum, dan akibat paparan sinar matahari mempercepat garis-garis halus di seputar mata. Foto: Pexels.com)
 
6. Rambut
 
Kebanyakan orang mulai beruban di usia 30-an ketika tubuh berhenti memproduksi sel-sel pigmen. Di usia 50 tahun, 1 dari 2 orang memiliki uban di setengah kepala mereka.
 
Profesor Dermatologi Universitas Stanford Anthony Oro kepada Good Housekeeping mengatakan, uban cenderung lebih tipis dari helai rambut lainnya. Namun uban terasa lebih tebal karena kulit kepala menghasilkan lebih sedikit minyak sehingga rambut lebih kering.
 

7. Lutut dan siku
 
Kulit lutut biasanya mulai mengendur sebelum kulit di bagian kaki lainnya. "Lutut memiliki banyak tulang, tendon dan ligamen, tapi tanpa lemak dan otot, dan bagian ini salah satu bagian tubuh yang terlihat menua," kata Lee. Lutut yang menua akan terlihat berlubang dan tulangnya menonjol.
 
Seperti lutut, siku sebagian besar terdiri dari tulang tanpa lemak dan otot. Karena sering digunakan untuk menopang bobot tubuh, siku akan lebih mudah kehilangan kepadatan dan berkeriput.
 
Gunakan asam salisilat untuk menunda penuaan dan meremajakan kulit yang berkerut di siku dan lutut. Jadi cara-cara di atas bisa Anda sontek agar tubuh yang menua tidak terlalu tampak. Beberapa klinik kecantikan kulit terpercaya yang bisa Anda konsultasikan antara lain ZAP, Erha Clinic, atau Skinovation.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif