NEWSTICKER
Ketika akan melakukan presentasi di depan banyak orang, atau melakukan ujian, dan beberapa kondisi yang membuat Anda merasa gugup. (Ilustrasi/Pexels)
Ketika akan melakukan presentasi di depan banyak orang, atau melakukan ujian, dan beberapa kondisi yang membuat Anda merasa gugup. (Ilustrasi/Pexels)

Cara Mengatasi Sakit Perut ketika Gugup

Rona tips kesehatan
Raka Lestari • 27 Februari 2020 07:27
Jakarta: Ketika akan melakukan presentasi di depan banyak orang, atau melakukan ujian, dan beberapa kondisi yang membuat Anda merasa gugup, terkadang menimbulkan efek seperti sakit perut. Sakit perut yang dirasakan pada situas tersebut biasanya berbeda dengan sakit perut pada umumnya dan tentu hal tersebut bisa sangat mengganggu.
 
Mengatasi kecemasan yang dirasakan memang cukup sulit. Saraf Anda dapat menyebabkan Anda mengalami reaksi fisik seperti buang air besar.
 
“Sistem saraf usus yang juga dikenal sebagai sistem saraf enterik bergantung pada neuropeptida dan neurotransmiter seperti serotonin untuk mengatur motilitas dan sekresi usus,” kata Andrea Culliford, MD, ahli gastroenterologi bersertifikat Medical Offices of Manhattan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kegugupan atau kecemasan dapat menyebabkan seseorang kerap merasa perlu pergi ke kamar mandi. Dalam situasi cemas dan berhubungan dengan sistem saraf otak dan usus yang saling mengirimkan pesan satu sama lain di saat stres atau kecemasan,” ujar Dr Culliford.
 
Seperti dilansir wellandgood, ada beberapa cara disarankan oleh ahli untuk mengendalikan rasa sakit perut ketika Anda merasa gugup. Jika Anda merasa sakit perut ketika gugup, cobalah menggunakan cara berikut ini:

Kurangi konsumsi kafein

Minum kopi di pagi hari mungkin bisa membuat Anda merasa bersemangat sepanjang hari, tetapi jika Anda biasa mengalami sakit perut ketika akan melakukan presentasi atau melakukan sesuatu maka sebaiknya tidak mengonsumsi kafein terlebih dahulu. Menurut Dr Cullifors, sangat penting untuk mengurangi asupan kafein karena dapat memperburuk keinginan untuk BAB.

Perhatikan apa yang Anda konsumsi 

Beberapa makanan mungkin dapat membuat sakit perut Anda bertambah buruk ketika sedang gugu, sehingga penting sekali untuk menghindari makanan yang bisa memicunya. “Hindari makanan dan minuman yang dapat memicu sakit perut. Misalnya, susu atau yang mengandung susu dapat memicu sakit perut,” saran Dr Culliford.

Atasi dengan olahraga dan meditasi

Untuk mengatasi sakit perut saat gugup, penting untuk mengetahui akar penyebabnya yaitu kecemasan. “Kurangi stres dan kecemasan dengan olahraga, seperti Yoga,”ujar Dr Cullifors. “Selain itu, pertimbangkan juga teknik untuk mengurangi stres seperti meditasi atau hipnoterapi,” terangnya.

Pastikan Anda mengonsumsi cukup serat 

Dr Culliford menyarnkan untuk mengonsumsi 25 gram serat per hari untuk menghindari sakit perut ketika merasa gugup. “Biasanya kita haya mengonsumsi sekitar 10 -12 gram serat dalam diet kita,”katanya.
 
Untuk memastikan kecukupan serat, konusmsi banyak sayur dan buah, kacang-kacangan, atau gandum.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif