Penggunaan obat kanker dapat membunuh atau menghambat perkembangan sel-sel abnormal dalam tubuh. (Ilustrasi/Pexels)
Penggunaan obat kanker dapat membunuh atau menghambat perkembangan sel-sel abnormal dalam tubuh. (Ilustrasi/Pexels)

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penggunaan Obat Kanker

Rona kanker
Raka Lestari • 19 September 2020 16:03
Jakarta: Kanker adalah sel tubuh yang tumbuh terus tanpa kendali dan tidak mati (abnormal). Tanpa perawatan, sel kanker dapat menyebar (metastatis) dan merusak fungsi jaringan normal di sekitarnya. Dan penggunaan obat kanker dapat membunuh atau menghambat perkembangan sel-sel abnormal dalam tubuh.
 
Menurut Dr. Eko Adhi Pangarsa, SpPD, KHOM–Ketua YKI Cabang Jawa Tengah, dalam konsumsi obat-obat kanker dapat terjadi efek samping.
 
”Efek samping dapat terjadi selama masa pengobatan. Mulai dari yang ringan  sampai  berat. Sebaiknya pasien dan keluarga dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan informasi terkait efek samping yang bisa atau mungkin terjadi selama pengobatan,” ujarnya dalam acara Webinar Patient safety Day 2020, Kamis, 17 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Pasien, keluarga atau perawat pasien dapat meminta informasi bagaimana pengelolaan efek  samping, bila memungkinkan. Pasien, keluarga atau perawat pasien juga diminta untuk segera melaporkan ke dokter apabila terjadi efek samping yang memerlukan penanganan secara cepat,” tambah Dr. Eko.
 
Dan untuk mencegah adanya efek samping dari penggunaan obat kanker, menurut Dr. Eko ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pasien, keluargaatau perawat pasien:
 
1.  Mengerti dengan baik akan penyakit dan kondisi pasien serta pengobatan yang digunakan berikut pengobatan yang tidak bisa digunakan oleh pasien (bila ada).
2. Selalu memberikan informasi tentang penyakit/kondisi pasien dan obat-obatan yang digunakan bila ke dokter lain, termasuk dokter gigi.
3.  Motivasi diri penderita kanker untuk patuh pada pengobatan yang diberikan.
4. Nutrisi yang baik dapat memengaruhi hasil pengobatan.
5. Ketahui tentang pengobatan pada penderita kanker.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif