Beberapa orang menganggap bahwa menyusui bayi sampai mereka tertidur dapat membuat bayi ketergantungan. (Ilustrasi/Pexels)
Beberapa orang menganggap bahwa menyusui bayi sampai mereka tertidur dapat membuat bayi ketergantungan. (Ilustrasi/Pexels)

Membiasakan Bayi Tertidur Sambil Menyusui, Bolehkah Dilakukan?

Rona tips menyusui
Raka Lestari • 15 Agustus 2020 15:06
Jakarta: Menyusui adalah salah satu bagian terpenting dalam merawat bayi. Dan ketika menyusui, seringkali bayi tertidur. Beberapa orang menganggap bahwa menyusui bayi sampai mereka tertidur dapat membuat bayi ketergantungan. Bayi baru akan bisa tidur ketika mereka disusui. Namun, apakah hal tersebut benar?
 
Dilansir dari Romper, seorang dokter spesialis anak, Gina Posner menjelaskan bahwa menyusui bayi sampai tertidur dianggap “buruk” tergantung pada diri Anda sendiri. “Jika Anda merasa bahwa dengan menyusui dapat membuat bayi bisa tertidur, itu boleh-boleh saja dilakukan. Akan tetapi, kebanyakan orang tidak menginginkan ketergantungan waktu tidur anak pada menyusui. Sehingga membiasakan mereka untuk tidur tanpa harus menyusui pilihan yang lebih baik,” terangnya.
 
Menurut Deedee Franke, seorang konsultan laktasi bersertifikat, mengatakan bahwa meskipun kebiasaan bayi tertidur hanya ketika sedang disusui bisa diatur tergantung kenyamanan ibu yang menyusui, tetapi ia menyarankan untuk tidak apa-apa menyusui bayi setiap mereka akan tidur pada usia 4 – 6 bulan pertama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun memang, menyusui bayi sampai mereka tertidur memang sulit dihindari. Menurut Rebecca Costello, seorang konsultan laktasi mengatakan, “Bayi baru lahir pada umumnya akan tertidur ketika disuse, dan banyak orang tua bayi merasa takut bahwa hal itu bisa menjadi kebiasaan,” kata Castello.
 
Costello mengatakan bahwa satu-satunya cara untuk mencegah bayi Anda ketergantungan tidur harus dengan menyusui adalah dengan sengaja membangunkan mereka secara lembut setelah menyusui. Menurutnya, dengan begitu dapat menghindari kebiasaan bayi harus menyusui terlebih dulu sebelum bisa tidur.
 
“Dan faktanya, salah satu manfaat dari menyusui adalah biasanya dapat menenangkan bayi yang sedang rewel atau membantu bayi yang sangat kelelahan menjadi lebih cepat tertidur,” ujar Costello. Namun Costello mengingatkan agar ketika bayi sudah lebih besar, Anda bisa menentukan untuk mengubah kebiasaan tersebut.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif