Menteri Kesehatan RI Letjen (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad(K)--(Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen)
Menteri Kesehatan RI Letjen (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad(K)--(Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen)

Menkes Terjunkan 11 Ribu Tenaga Kesehatan

Rona banjir
Sunnaholomi Halakrispen • 02 Januari 2020 21:55
Jakarta: Banjir masih melanda sejumlah wilayah di Jabodetabek. Bahkan di Kampung Duri, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, tinggi air banjir mencapai semulut orang dewasa.
 
Menteri Kesehatan RI Letjen (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad(K) telah menerjunkan tenaga kesehatan di Posko Banjir GOR Kecamatan Cengkareng Barat. Posko tersebut di bawah koordinasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta.
 
"Tenaga yang kita kerahkan 11 ribu lebih. Sementara jumlah pengungsi 60 ribuan, data terus kita update dan penambahan tenaga kesehatan terus kita dorong," ujar Menkes di Posko Banjir GOR Kecamatan Cengkareng Barat, Jakarta Barat, Kamis, 2 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Secara keseluruhan, 11 ribu tenaga kesehatan yang disebutnya disiagakan untuk seluruh wilayah terdampak banjir di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Tenaga kesehatan berasal dari sipil dan dari militer.
 
Tugas mereka, membantu pengungsi untuk selanjutnya menangani dan mencegah terjangkitnya penyakit. Selain itu, terdapar juga bantuan lain yang diberikan, yakni berupa obat dan makanan tambahan bagi balita.
 
Dr. Terawan mengaku prihatin atas terjadinya bencana banjir dan mengakibatkan banyak warga harus mengungsi. Sementara itu, sebelumnya, Arbila selaku salah seorang warga Kampung Duri sempat khawatir jika di posko tidak ada tenaga kesehatan yang berjaga.
 
Arbila merupakan pengungsi yang rumahnya terendam banjir, sehingga harus mengungsi bersama anak dan suaminya. Namun, akhirnya ia mendapatkan tenaga kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Cengkareng yang telah disiagakan.
 
Suaminya terdampak banjir, terkena gatal-gatal di bagian pelipis mata hingga mengalami bengkak. Setelah ditangani oleh dokter di posko setempat, ia pun mengaku sangat terbantu. "Suami saya langsung berobat (di depan posko) karena gatal-gatal, bengkak. Diobati di posko kesehatan, obat lengkap, dokternya juga lengkap," aku Arbila.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif