Dampak Negatif Memakai Sepatu di Dalam Rumah

Raka Lestari 12 September 2018 06:00 WIB
kesehatan
Dampak Negatif Memakai Sepatu di Dalam Rumah
Berikut ini adalah dampak yang ditimbulkan jika Anda memakai sepatu sampai ke dalam rumah. (Foto: Photos by Lanty/Unsplash.com)
Jakarta: Bagi sebagian orang, menggunakan sepatu di dalam rumah merupakan hal yang biasa. Namun sebenarnya ada dampak negatif yang bisa ditimbulkan dari memakai sepatu di dalam rumah. 

Untuk mencegah bahaya yang mungkin bisa muncul dari memakai sepatu di rumah, sebaiknya Anda tidak menggunakan sepatu sampai ke dalam rumah. 

Berikut ini adalah dampak yang ditimbulkan jika Anda memakai sepatu sampai ke dalam rumah.


1. Sepatu adalah tempat berkembang biak bakteri
Sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari University of Arizona bahwa sepatu dapat menjadi tempat berkembangnya organisme yang dapat berdampak buruk bagi tubuh Anda.

Salah satunya adalah bakteri E Coli, bakteri yang dapat menyebabkan gastrointestinal distress yang cukup parah. Pada sepatu juga bisa melekat sisa-sisa tanah yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. 

(Baca juga: Pakai Sepatu di dalam Rumah Berisiko Terserang Bakteri E. Coli)


(Untuk mencegah bahaya yang mungkin bisa muncul dari memakai sepatu di rumah, sebaiknya Anda tidak menggunakan sepatu sampai ke dalam rumah. Foto: Nikola Jovanovic/Unsplash.com)

2. Membawa racun
Jika Anda berjalan-jalan di atas tanah, sepatu Anda mungkin bisa saja terkena pupuk atau zat-zat kimia bagi tanaman yang akan berbahaya jika masuk ke dalam tubuh Anda. Kemudian jika Anda berjalan-jalan, sepatu Anda juga mungkin bisa terkena cipratan bensin.

Tentunya hal tersebut sangat berbahaya, dan dengan membawanya masuk ke dalam rumah Anda maka Anda membiarkan seisi rumah menghirup bahan-bahan berbahaya tersebut. 

3. Dapat merusak lantai
Menggunakan sepatu dengan hak tinggi yang lancip dan tajam, seperti stiletto dapat membuat lantai Anda menjadi tergores. Selain itu, jika Anda menggunakannya di atas karpet juga dapat meninggalkan noda atau kotoran. Noda atau kotoran yang tertinggal pada karpet tersebut tentu saja dapat menyebarkan kotoran yang mungkin berbahaya. 






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id