Tujuh Cara Meningkatkan Kesehatan Otak

Sri Yanti Nainggolan 13 Juli 2018 13:52 WIB
kesehatan
Tujuh Cara Meningkatkan Kesehatan Otak
Beberapa penelitian membuktikan bahwa mengikuti diet sehat menurunkan risiko kerusakan otak hingga 21 persen yang sering kali dipicu oleh gaya hidup dan stres. (Foto: Mariana Montes de Oca/Unsplash.com)
Jakarta: Sama seperti tubuh, otak pun menua. Namun, beberapa kebiasan dapat membantu memperlambat penuaan otak dan membuat hidup mejadi lebih produktif. 

Berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan otak menurut ahli bedah saraf Dr Ashok Hande dari Hiranandani Hospital, seperti dilansir The Health Site. 

1. Tetap aktif secara fisik
Berolahraga secara teratur meningkatkan aliran darah dan mendukung kemampuan memori. Tubuh yang aktif merangsang perubahan kimia di otak yang meningkatkan pembelajaran, suasana hati, dan berpikir. Beberapa penelitian membuktikan bahwa berolahraga secara teratur menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer.


2. Aktif secara sosial dan intelektual
Memimpin kegiatan sosial secara aktif melindungi diri dari risiko kehilangan memori. Selain itu, melakukan kegiatan yang disukai juga dapat mengurangi kemungkinan penuaan otak melalui aktivitas konstan.

(Baca juga: Makanan Terburuk untuk Kesehatan Otak Anda)

3. Cukup tidur
Tidur yang cukup meningkatkan energi, meningkatkan suasana hati, membangun kekebalan tubuh, dan mengurangi penumpukan protein abnormal di otak yang disebut Beta-amyloid Plaque.


(Berolahraga secara teratur meningkatkan aliran darah dan mendukung kemampuan memori. Tubuh yang aktif merangsang perubahan kimia di otak yang meningkatkan pembelajaran, suasana hati, dan berpikir. Beberapa penelitian membuktikan bahwa berolahraga secara teratur menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer. Foto: Alexander Mils/Unsplash.com)

4. Makan sehat
Beberapa penelitian membuktikan bahwa mengikuti diet sehat menurunkan risiko kerusakan otak hingga 21 persen yang sering kali dipicu oleh gaya hidup dan stres. Minum banyak air dapat menghindari dehidrasi dan hipoglikemia. Konsumsilah banyak buah dan sayuran dan makanan tinggi serat.

5. Olahraga mental
Olahrgaa fisik penting untuk kesehatan secara keseluruhan, demikian juga olahraga mental untuk otak yang bugar dan sehat. Beberapa hal seperti keingintahuan intelektual, mengejar pendidikan, permainan, membaca dan memelajari kegiatan atau bahasa baru adalah cara mudah untuk melatih pikiran. 

6. Mendengarkan musik
Mendengarkan musik dapat mengurangi stres, kecemasan, dan rasa sakit. Aktivitas tersebut juga efektif dalam menurunkan tekanan darah. Selain itu, terdapat peningkatan yang signifikan dalam kualitas tidur, suasana hati, dan kewaspadaan mental.

7. Meditasi
Meditasi meningkatkan pikiran dan kesehatan tubuh, mengatur fokus, serta meningkatkan pengalaman lingkungan di sekitar kita. Para peneliti telah menemukan bahwa materi abu-abu padat di area otak yang berkaitan dengan memori dan proses emosional mengalami peningkatan pada orang yang sering bermeditasi. Aktivitas tersebut meningkatkan fokus dan memori, menurunkan penyakit jantung dan tekanan darah serta tingkat stres secara keseluruhan.





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id