Tips Mencegah Polusi Udara di Dalam Ruangan

Sri Yanti Nainggolan 31 Mei 2018 14:47 WIB
tips kesehatan
Tips Mencegah Polusi Udara di Dalam Ruangan
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Polusi udara tak hanya terdapat di tempat publik seperti jalan raya, tetapi juga dalam ruangan. Beberapa hal dalam rumah tangga seperti cat tembok, hewan peliharaan, hingga asap masakan adalah contoh dari polusi udara dalam ruangan. 

Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi tingkat polusi dalam ruangan menurut Arvind Chabra selaku Country Head dari Blueair, seperti dilansir Thehealthsite. 

1. Hindari dupa dan lilin beraroma


Banyak orang berpikir lilin beraroma dapat membuat ruangan lebih wangi dan dapat membantu membuat pikiran rileks. Namun, beberapa studi menunjukkan bahwa dupa dan lilin beraroma melepaskan bahan kimia yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti alergi kulit dan meningkatkan risiko kanker saluran pernafasan.

2. Perbanyak tanaman hijau 

Tanaman hijau menyediakan oksigen segar untuk paru-paru. Peletakan tanaman hijau dalam rumah membantu membuat udara dalam ruangan lebih bersih. 

3. Rajin bersihkan karpet

Karpet dapat menjadi sumber polusi udara arena menjadi tempat berbagai polutan bersarang seperti debu kecil, remahan makanan yang jatuh, tungai, hingga bulu binatang. 

4. Merokok dalam ruangan

Kebiasaan buruk ini dapat membahayakan orang-orang yang berada dalam ruangan tersebut karena membahayakan paru-paru dan mengotori udara. 

5. Perbanyak ventilasi

Ventilasi mambuat sirkulasi udara lebih baik sehingga membantu menyingkirkan semua bau yang tidak diinginkan yang timbul dari memasak atau dari karpet.

6. Kurangi penggunaan plastik

Plastik adalah penyebab utama polusi udara. Produk sampingan dari plastik yang disebut mikroplastik adalah potongan kecil plastik antara ukuran 0,1 mikron sampai 5 mm. Mikroplastik ini sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan lebih sedikit produk plastik di rumah. 

7. Menggunakan penjernih udara

Ini adalah salah satu cara instan untuk menjaga kestabilan udara dalam ruangan karena dapat menyerap berbagai partikel kecil yang buruk bagi kesehatan. 






(DEV)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360