Gejala dari beberapa penyakit bisa terlihat dari kondisi lidah Anda. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Gejala dari beberapa penyakit bisa terlihat dari kondisi lidah Anda. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Melihat Kesehatan dari Lidah Anda

Rona kesehatan
Raka Lestari • 01 April 2019 14:45
Lidah adalah kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang dapat membantu pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan. Bagian-bagian lidah antara lain ujung dan tepi lidah, pangkal lidah, serta akar atau dasar lidah tidak bisa bergerak bebas dan terhubung ke lantai mulut.
 

 
Jakarta:
Lidah merupakan salah satu organ tubuh yang membantu Anda untuk mengunyah, menelan, dan mencicipi makanan. Lidah juga bisa memberikan gambaran umum tentang kesehatan Anda secara keseluruhan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gejala dari beberapa penyakit bisa terlihat dari kondisi lidah Anda tersebut. Bahkan terkadang, kondisi lidah Anda bisa memberitahukan bahwa ada sesuatu yang salah pada kondisi tubuh Anda.
 
"Warna lidah yang merah muda, bukan merah terang dengan benjolan dan gelombang merupakan lidah yang normal," kata Sally Cram, DDS, periodontist yang berpraktik di Washington. Dan berikut ini adalah beberapa kondisi pada lidah yang menunjukkan adanya masalah kesehatan:
 
(Baca juga: Hindari Penyakit Berbahaya dengan Rutin Menyikat Lidah)
 
Melihat Kesehatan dari Lidah Anda
(Warna pada lidah Anda bisa mengindikasikan penyakit tertentu. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

1. Diabetes

Kandidiasis oral sering terjadi pada orang dengan diabetes yang tidak terkontrol. "Sariawan biasanya merupakan hasil dari sistem kekebalan yang melemah. Sariawan yang pada dasarnya adalah infeksi jamur dan juga disebut kandidiasis oral terlihat seperti lapisan putih tebal di lidah Anda," kata Cram.
 
Penderita diabetes juga lebih cenderung memiliki mulut kering. "Sebagian besar penderita diabetes agak mengalami dehidrasi," kata Ryan Kauffman, MD, spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan di Piedmont Healthcare di Atlanta.

2. HIV

Seperti halnya diabetes, sistem kekebalan yang melemah karena HIV atau AIDS membuat Anda sulit melawan organisme seperti ragi yang biasanya hidup di tubuh Anda.
 
Luka merah pada lidah Anda dan bagian lain di mulut Anda juga bisa menjadi tanda HIV/AIDS, seperti halnya pertumbuhan putih yang tampak berbulu di sisi lidah Anda yang disebut hairy leukoplakia.

3. Kanker

Adanya benjolan atau luka pada lidah Anda atau bagian lain di mulut Anda yang bertahan lebih dari dua minggu perlu diperiksa. Suatu kondisi yang disebut leukoplakia, dapat menghasilkan bercak putih pada lidah Anda yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel yang tidak terkontrol di mulut Anda. Leukoplakia bisa tidak berbahaya, tetapi juga dapat memicu kanker dan harus diperiksa.

4. Defisiensi vitamin

Lidah yang sehat berwarna merah muda. Lidah merah cerah bisa menjadi pertanda kekurangan asam folat, vitamin B12, atau zat besi. Seringkali kekurangan ini dapat diperbaiki dengan suplemen dan diet Anda.
 
Lidah merah cerah juga bisa menjadi tanda radang tenggorokan atau penyakit Kawasaki, suatu kondisi yang jarang dan biasanya dapat diobati yang menyebabkan peradangan pada beberapa pembuluh darah, biasanya terjadi pada anak kecil.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif