Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar mata tetap sehat. (Foto: Pexels.com)
Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar mata tetap sehat. (Foto: Pexels.com)

Tips agar Mata Tetap Sehat walau Sering Pakai Handphone

Rona kesehatan mata
Raka Lestari • 26 Maret 2019 17:30
Rachel Bishop, MD, MPH, dari National Eye Institute mengatakan, salah satu cara termudah agar mata tak lelah adalah ikuti aturan 20-20-20. Yaitu, isitirahatkan apapun yang Anda lakukan setiap 20 menit untuk melihat objek dengan jarak 20 kaki (kurang lebih enam meteran) selama 20 detik.
 

 
Jakarta:
Entah itu mengecek media sosial atau bahkan bermain game tentu sudah tidak dapat dielakkan bahwa banyak orang yang menghabiskan waktu dengan menatap layar ponsel mereka setiap harinya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal tersebut pastinya memiliki dampak negatif dan detoksifikasi digital merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dampak terlalu lama menatap layar ponsel pada mata Anda.
 
"Ketika seseorang menatap layar ponsel atau computer, tingkat kedipan mata mereka dapat berkurang hingga 50 persen," ujar Preeya Gupta, MD, dokter mata di Duke University Eye Center.
 
Lalu apa saja cara yang bisa dilakukan agar Anda tetap bisa menggunakan ponsel atau komputer Anda namun kesehatan mata Anda tetap terjaga? Dikutip dari Health, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan:
 
(Baca juga: Selain Wortel, 3 Makanan Ini Bantu Mencegah Penyakit Mata)
 
Tips agar Mata Tetap Sehat walau Sering Pakai Handphone
(Turunkan tingkat kecerahan yang terdapat pada ponsel, tablet, televisi, komputer, dan cahaya-cahaya lainnya yang ada di sekitar Anda. Ini dapat mengurangi ketegangan mata Anda. Foto: Pexels.com)

1. Ikuti aturan 20-20-20

Rachel Bishop, MD, MPH, dari National Eye Institute mengatakan, salah satu cara termudah untuk menjadi sedikit lebih pintar tentang penggunaan layar ponsel atau komputer adalah dengan mengikuti aturan 20-20-20.
 
"Isitirahatkan apapun yang Anda lakukan setiap 20 menit untuk melihat objek dengan jarak 20 kaki (kurang lebih enam meteran) selama 20 detik," katanya. Tidak hanya dapat memberikan istirahat bagi kepala Anda, itu juga dapat mengaburkan fokus Anda sehingga dapat memberikan otot mata waktu untuk beristirahat.

2. Berkedip lebih lama

Salah satu tips lainnya bisa dilakukan saat Anda sedang berkedip. Meskipun berkedip adalah sesuatu hal yang terjadi secara refleks dan terjadi secara otomatis, banyak orang yang tidak berkedip dengan sempurna.
 
"Ketika akan berkedip, Anda harus melakukannya secara lengkap," kata Dr Gupta. "Saya selalu mengingatkan pasien saya agar saat berkedip, kelopak mata atas menyentuh kelopak mata bawah. Ini benar-benar terasa berbeda jika Anda benar-benar melakukannya." Anda akan merasakan perbedaannya, di mana mata Anda yang kering dan tegang akan lebih terlubrikasi, tambahnya.

3. Meredupkan kecerahan layar

Terakhir, Anda dapat menyesuaikan pencahayaan di layar Anda untuk setidaknya sedikit lebih redup ketika Anda menatapnya. Turunkan tingkat kecerahan yang terdapat pada ponsel, tablet, televisi, komputer, dan cahaya-cahaya lainnya yang ada di sekitar Anda.
 
"Ini dapat mengurangi ketegangan mata dibandingkan dengan menjadikan komputer sebagai satu-satunya sumber cahaya," kata Dr Gupta.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif