Ilustrasi (Foto: Tanja Heffner/Unsplash.com)
Ilustrasi (Foto: Tanja Heffner/Unsplash.com)

Kebiasaan-kebiasaan yang Dapat Menyembuhkan Radang

Rona kesehatan
Raka Lestari • 14 Desember 2018 07:05
Jakarta: Masalah kulit, masalah pencernaan, dan nyeri sendi. Itu semua adalah gejala radang atau inflamasi kronis.

Ada banyak hal yang dapat memicu terjadinya radang. Mulai dari faktor genetik sampai gaya hidup seseorang.

Untungnya ada kebiasaan-kebiasaan yang dapat mengurangi atau paling tidak mencegah terjadinya peradangan atau inflamasi. Apa saja itu, Bustle mencoba membeberkannya:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



1. Mendapatkan Udara Segar
Menurut Ashita Blazer, seorang rematologi di NYU Langone Health mengatakan, meski kini menghindari semua polusi hampir tidak mungkin, langkah-langkah tertentu seperti menghindari untuk tinggal di dekat jalan utama atau fasilitas kimia juga dapat membantu menghindari Anda dari peradangan. Dengan begitu, filter udara rumah juga dapat mengurangi polutan. 2. Mengonsumsi Kunyit
Sebuah meta-analisis dalam Osteoartritis and Cartilage Journal menemukan bahwa kunyit memiliki potensi untuk meredakan gejala osteoartritis. Gastroenterolog, Dr. Niket Sonpal menyarankan untuk menambahkan kunyit ke makanan Anda untuk membantu memerangi peradangan.

3. Mandi Air Hangat

Ilustrasi (Foto: Laura Marques/Unsplash.com)

Jika Anda tak sempat berolahraga, mandi air hangat menjadi solusi terbaik untuk menurunkan tingkat inflamasi dan kadar gula darah. Seperti penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Applied Physiology.

"Mandi air hangat atau mendapatkan pijatan hangat dapat membantu mengurangi peradangan kronis dengan meningkatkan aliran darah ke daerah yang meradang. Sehingga mempercepat penyembuhan dari peningkatan sirkulasi ke area yang terlibat," kata dokter keluarga Dr Mia Finkelston, MD.

4. Berolahraga
Dokter Blazer mengatakan manfaat berolahraga secara teratur dan menghindari gaya hidup yang tidak efektif dapat membantu dalam mengatur peradangan. Sebagai manfaat tambahan, olahraga menurunkan gula darah dan kolesterol, yang meredakan peradangan.

Sementara menurut Dr Sonpal, olahraga juga mengurangi hormon stres kortisol yang bertanggung jawab untuk banyak gejala peradangan dan efek negatif jangka panjang.

5. Tidur Cukup
Dokter Blazer menambahkan, mengutip penelitian yang diterbitkan oleh JAMA Internal Medicine, sel darah putih yang diambil dari orang yang kurang tidur secara signifikan menghasilkan konsentrasi sinyal peradangan yang lebih tinggi. 

Sementara menurut Dr Sonpal, mengatakan selama tidur otak Anda membersihkan sisa-sisa metabolisme, dan tubuh dimasukkan ke dalam mode penyembuhan yang dalam.

Cara Meredam Keinginan Makan Makanan Manis



(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi