Cara agar Anda tertidur dalam waktu semenit--Ilustrasi/Pexels
Cara agar Anda tertidur dalam waktu semenit--Ilustrasi/Pexels

Cara agar Tertidur Dalam Semenit

Rona tidur
Kumara Anggita • 12 November 2019 11:37
Jakarta: Pikiran yang menumpuk seringkali membuat Anda sulit untuk tidur. Semakin Anda mencoba untuk tidur, semakin Anda tidak bisa tidur. Buruknya lagi, Anda malah merasa gelisah.
 
Ini adalah masalah yang dialami oleh banyak orang. Sekarang Anda tak perlu khawatir karena ada trik yang bisa membuat Anda tertidur dalam waktu hanya semenit.
 
Berikut cara agar Anda tertidur dalam waktu semenit yang dilansir dari Healthline.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Metode ini  fokus pada pernapasan atau otot. Ini membantu Anda mengalihkan pikiran dan kembali tidur.
 
Metode pernapasan 4-7-8
 
Ini adalah metode yang menggabungkan kekuatan meditasi dan visualisasi.  Cara ini menjadi lebih efektif dengan latihan. 
 
Jika Anda memiliki kondisi pernapasan, seperti asma atau COPD, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum memulai, karena ini dapat memperburuk gejala Anda.
 
Untuk persiapan letakkan ujung lidah Anda di atas atap mulut Anda dan di belakang dua gigi depan Anda. Jaga lidah Anda di sana.
 
Cara menerapakan siklus pernapasan 4-7-8
 
- Biarkan bibir Anda sedikit terbuka dan bunyikan berdesis saat Anda mengeluarkan napas melalui mulut.
 
- Tutup bibir Anda dan tarik napas dalam-dalam melalui hidung Anda. Hitung sampai 4 di kepala Anda.
 
- Tahan napas selama 7 detik.
 
- Buang napas (dengan suara whoosh) selama 8 detik.
 
- Hindari terlalu waspada di akhir setiap siklus. 
 
- Cobalah untuk berlatih tanpa berpikir.
 
- Selesaikan siklus ini selama empat napas penuh. Biarkan tubuh Anda tidur bila Anda sudah merasa rileks.
 
Relaksasi otot progresif 
 
Relaksasi otot progresif, juga dikenal sebagai relaksasi otot dalam, membantu Anda bersantai. Gerakan ini memunculkan ketenangan ke seluruh tubuh Anda. Ini adalah trik yang disarankan untuk membantu mengatasi insomnia.
 
Sebelum Anda mulai, cobalah berlatih metode 4-7-8 sambil membayangkan ketegangan meninggalkan tubuh Anda saat Anda menghembuskan napas.
 
Cara relaksasi
 
- Angkat alis setinggi mungkin selama 5 detik. Ini akan mengencangkan otot dahi Anda.
 
- Buat rileks otot Anda segera dan rasakan ketegangannya turun. Tunggu 10 detik.
 
- Tersenyumlah secara luas untuk menciptakan ketegangan di pipi Anda. 
 
- Tahan selama 5 detik. Bersantai.
 
- Jeda 10 detik.
 
- Julingkan mata Anda dalam keadaan tertutup. Tahan 5 detik. Bersantai.
 
- Jeda 10 detik.
 
- Miringkan kepala sedikit ke belakang sehingga Anda merasa nyaman memandangi langit-langit. Tahan 5 detik. 
 
Bersantailah saat leher Anda kembali ke bantal.
 
- Jeda 10 detik.
 
- Terus gerakan seluruh tubuh Anda dari trisep ke dada, paha hingga kaki.
 
- Biarkan diri Anda tertidur.
 
Itulah cara agar Anda bisa tidur dalam waktu semenit. Dibutuhkan latihan agar Anda bisa benar-benar menguasainya dengan tepat. Selamat mencoba!
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif