Mata kering atau kondisi ketika tidak ada air mata berarti tidak adanya pelumas di mata Anda. (Ilustrasi/Pexels)
Mata kering atau kondisi ketika tidak ada air mata berarti tidak adanya pelumas di mata Anda. (Ilustrasi/Pexels)

Tips Mengatasi Mata Kering

Rona kesehatan mata
Sunnaholomi Halakrispen • 30 November 2019 17:06
Jakarta: Mata kering atau kondisi ketika tidak ada air mata berarti tidak adanya pelumas di mata Anda. Jika dibiarkan terus menerus, mata bisa iritasi. Ketahuilah cara tepat mengatasi mata kering.
 
DIlansir dari WebMD, ada sejumlah opsi untuk mengobati mata kering. Tanyakan kepada dokter mata tentang apa saja yang harus dilakukan. Beberapa perawatan bisa dilakukan, termasuk obat tetes dan salep buatan khusus dari dokter.
 
Keduanya merupakan perawatan yang paling umum. Banyak jenis tetes mata tersedia di apotek tanpa resep. Tidak ada satu produk yang cocok untuk semua orang, maka Anda harus mencoba beberapa obat tetes untuk menemukan produk mana yang tepat untuk Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apabila Anda memiliki mata kering yang kronis, Anda perlu menggunakan obat tetes bahkan ketika mata Anda merasa baik-baik saja. Jika hanya dilakukan beberapa kali, obat tetes tersebut tidak akan cukup membuat mata Anda basah.
 
Jika mata Anda mengering saat tidur, Anda dapat menggunakan produk yang tebal seperti salep, di malam hari. Anda mungkin berpikir untuk tidur dengan kaca mata kedap udara. Cara ini bisa dilakukan untuk membuat ruang kelembapan mini untuk mata Anda.
 
Selain itu, dokter mungkin memilih untuk menutup punctum atau saluran yang mengeluarkan air mata dari mata Anda. Mungkin akan dimulai dengan steker sementara yang dirancang untuk larut seiring waktu. Berdasarkan cara kerjanya, dokter akan tahu apakah colokan permanen akan membantu kondisi mata Anda.
 
Sumbat punctal yang tidak larut dan oklusi punctal dengan kauterisasi atau aplikasi panas untuk merobek saluran air keluar. Jika colokan sementara bekerja dengan baik, dokter Amda mungkin pindah ke colokan yang lebih tahan lama atau langsung ke colokan yang tahan lama, atau dia dapat memilih prosedur yang disebut kauterisasi. 
 
Biasanya, akan diberikan obat yang bisa membuat Anda rileks, kemudian menggunakan alat khusus untuk membakar tutup yang terbuka. Bekas luka yang terbentuk itu membuat sumbatan permanen. Langkah-langkah ini meningkatkan tingkat air mata Anda dengan memblokir semacam pipa pembuangan, tempat biasanya air mata mengalir dari mata ke hidung. 
 
Sumbat air mata mudah dilepas, tetapi kadang-kadang keluar sendiri atau jatuh ke saluran pembuangan air mata. Alat ini dapat membuat mata Anda merasa lebih baik dan menurunkan kebutuhan Anda akan air mata buatan.
 
Teknik lainnya ialah lipiflow. Perangkat medis ini menggunakan panas dan tekanan untuk melepaskan sumbatan kelenjar di kelopak mata Anda. Kelenjar ini menghasilkan minyak dalam air mata untuk membuat mata Anda lembap dan mencegah air mata menguap.
 
Selain itu, mata kering dapat dikaitkan dengan kurangnya testosteron di kelenjar minyak di kelopak mata Anda. Dokter mungkin memberi Anda krim testosteron yang nantinya bisa Anda aplikasikan ke kelopak mata. Cara ini dapat membantu kelenjar minyak Anda bekerja lebih baik.
 
Selain itu, mengenakan siklosporin (Cequa, Restasis). Obat tetes mata yang diresepkan oleh dokter ini membantu mata Anda meningkatkan produksi air mata.
 
Obat-obatan lain dan nutrisi, bisa menggunakan obat tetes mata steroid untuk jangka pendek, bersama dengan tindakan jangka panjang. Tambahkan minyak ikan atau omega-3 ke dalam makanan Anda, juga bisa membantu produksi air mata atau menjaga kelembapan mata.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif