Ilustrasi--Pexels
Ilustrasi--Pexels

Mengatasi Sulit Tidur dengan Metode 4-7-8

Rona tips kesehatan
Dhaifurrakhman Abas • 03 Juli 2019 11:46
Masalah sulit tidur kerap dialami berbagai orang. Berbagai cara dilakukan agar dapat tidur dengan cepat, namun kerap berujung pola tidur yang buruk. Dokter medis dari Harvard, Andrew Weil, membeberkan metode agar Anda bisa tertidur pulas.
 

Jakarta:
Sudah mencoba berbaring di atas kasur selama berjam-jam, namun rasa kantuk tak kunjung datang. Padahal besok pagi harus bekerja.
 
Tak pelak, berbagai cara lantas dicoba agar bisa tertidur cepat. Dari mulai mengonsumsi pil tidur hingga beragam cara lainnya. Tapi ujung-ujungnya berakhir dengan pola tidur yang buruk.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari Times of India, dokter medis dari Harvard, Andrew Weil, membeberkan metode agar Anda bisa tertidur pulas. Metode tersebut dinamakan dengan 4-7-8. Dengan menerapkan metode tersebut, kata Weil, tidur bukan lagi tugas yang sulit. Anda hanya butuh 60 detik atau bahkan kurang dari itu untuk mendapatkan rasa kantuk
 
Adapun cara menerapkan metode tersebut, pertama-tama, berbaringlah dengan nyaman di tempat tidur Anda. Lalu bernapaslah melalui hidung selama 4 detik, tahan napas selama 7 detik, dan kemudian bernapas perlahan melalui mulut selama 8 detik. Ulangi proses ini sampai Anda tertidur.
Mengatasi Sulit Tidur dengan Metode 4-7-8
Ilustrasi--Pexels.
 
Meski terlihat sepele, namun, Weil mengatakan bahwa metode 4-7-8 merupakan praktik meditasi yogi India kuno yang sangat efektif membantu Anda tertidur dengan cepat. Bahkan ketika Anda terbangun di tengah malam, trik sederhana ini bisa membantu Anda kembali tertidur lelap.
 
Sebab, kata Weil, alur pernapasan yang dilakukan dalam metode tersebut membantu menenangkan pikiran Anda, mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Alur pernapasan yang ditahan dalam beberapa detik juga mengurangi detak jantung dan membantu merilekskan tubuh Anda.
 
Bukan hanya membantu Anda tertidur dalam tempo yang cepat, menerapkan metode 4-7-8 secara teratur akan membantu Anda terbebas dari masalah sulit tidur di kemudian hari. Akan tetapi, jika metode ini tidak bisa mengatasi masalah tidur Anda, Weil menyarankan segera berkonsultasi ke dokter. Sebab, bisa jadi Anda memiliki masalah kesehatan yang membuat Anda sulit tertidur.
 
Adapun beberapa masalah kesehatan yang mendasari sulit tidur antara lain gangguan kecemasan klinis atau depresi. Mengalami depresi juga bisa menyebabkan Anda tidur terlalu banyak.
 
Selain itu, alergi yang menyerang tubuh juga bisa menyebabkan masalah tidur. Bahkan mereka lebih mungkin dua kali lipat menderita gangguan tidur seperti insomnia. Umumnya ini terjadi pada penderita alergi pernapasan.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif