Ilustrasi- (Foto:healthandhealthyliving.com)
Ilustrasi- (Foto:healthandhealthyliving.com)

Tanda-tanda akan Haid

Rona haid
Kumara Anggita • 05 Oktober 2019 16:05
Jakarta: Sebelum haid, ada beberapa hal terjadi pada tubuhnya yang tidak begitu disadari oleh perempuan. Ini dinamakan premenstrual syndrome (PMS).
 
Melansir dari Webmd, ada bermacam-macam tanda yang muncul di setiap perempuan yang mengalaminya. Berapa banyak yang sudah Anda sadari sebelumnya?
 
Berikut tanda-tanda Anda akan haid:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jerawat muncul
 
Jerawat adalah tanda umum ketika Anda akan menstruasi. Perempuan dewasa cenderung   lebih berjerawat dibandingkan laki-laki. Hal ini disebabkan oleh hormon. Kadar hormon yang meningkat mengaktifkan produksi sebum (minyak), yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.
 
Perubahan payudara
 
Pembengkakan dan nyeri payudara juga sering terjadi. Untuk tanda yang ini, dokter tidak yakin peran hormon apa yang menyebabkan perubahan payudara, tetapi gejala-gejala ini dapat dikaitkan dengan prolaktin tingkat tinggi, hormon menyusui.
 
Lelah namun tidak bisa tidur
 
Rasa lelah dan tidak bisa tidur ini muncul karena pergeseran hormon. Faktanya, PMS dan sindrom kelelahan kronis memiliki banyak gejala yang sama.
 
Kram
 
Kram biasanya muncul tepat sebelum menstruasi dan berlangsung selama 2 hingga 3 hari.
 
Konstipasi atau diare
 
Saat menstruasi Anda mendekat, pencernaan menjadi buruk. Beberapa perempuan mengalami konstipasi dan yang lainnya mengalami diare.
 
Anda buncit dan bergas
 
Retensi air adalah keluhan utama lainnya. Ini juga pengaruh dari hormon. Kabar baiknya, Anda  dapat mengatasi kembung pramenstruasi dengan tidak konsumsi garam, makan lebih banyak buah dan sayuran, dan berolahraga secara teratur.
 
Pusing
 
Perubahan kadar estrogen menjadi alasan mengapa Anda sering pusing menjelang menstruasi. 
 
Perubahan suasan hati
 
Semua gejala PMS disebabkan oleh hormon, sehingga tanda-tanda emosional sama nyatanya dengan yang fisik. Sayangnya, dokter tidak tahu persis mengapa itu terjadi.
 
Cemas dan tertekan
 
Depresi dan kecemasan berhubungan  dengan PMS. Riwayat dari kedua kondisi tersebut dapat membuat gejala pramenstruasi Anda menjadi lebih buruk. Dan  PMS sendiri juga bisa buat Anda kado cemas dan tertekan.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif